3 Inspirasi Desain Interior Unik Untuk Rumah Mungil

Beberapa Inspirasi Desain Interior Untuk Rumah Mungil

Tren rumah mungil atau tiny house pertama populer di Amerika Serikat tahun 2008. Namun, beberapa tahun belakangan tren tersebut dan inspirasi desain tiny house semakin banyak diaplikasikan oleh negara-negara lain seperti New Zealand, Australia, Jepang, dan beberapa negara di Eropa Barat seperti Perancis dan Inggris. Motif pembangunannya juga variatif. Dari ingin hidup minimalis sampai keinginan untuk hidup lebih dekat dengan alam.

Di Indonesia, gerakan rumah mungil tidak memiliki popularitas yang tinggi. Ada wujudnya, namun tidak banyak. Konsep yang diusung juga berbeda, cenderung ke arah rumah minimalis dengan memanfaatkan perabotan multifungsi serta dibangun di lingkungan rumah biasa, tidak di alam liar. Inspirasi desain di bawah ini bisa memuaskan rasa ingin tahu Anda. Yuk, scroll ke bawah.

Tempat Penyimpanan Di Dalam Anak Tangga

Inspirasi desain cerdik ini cocok sekali untuk keluarga kecil yang masih memiliki anak satu atau baru saja menikah dan berencana untuk punya anak. Tempat penyimpanan di dalam anak tangga bisa diisi dengan perkakas rumah tangga, sepatu sandal, lap rumah, serta keset. Penulis tidak menyarankan untuk menaruh pakaian karena anak tangga dilewati dan diinjak sehari-hari, kesannya tidak baik untuk baju dan pakaian yang langsung menempel di badan kita.

Untuk anak tangga, Teman Muis bisa memilih dari berbagai macam jenis kayu yang ditawarkan di pasaran. Masing-masing kayu untuk anak tangga biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut dipertimbangkan terlebih dahulu. Contohnya adalah kayu merbau yang kekuatannya tidak kalah dari kayu jati. Namun, dari sisi estetis, warna kayu tersebut cenderung belang satu sama lain.

Baca juga: Konstruksi Rumah Tahan Gempa, Hunian Aman Jangka Lama

Tempat Mengambil Baju Di Bawah Kasur

Wah, indah sekali ya pemandangan dari tempat tidurnya. Dengan konsep seperti ini, Anda bisa sekali menyimpan pakaian bermain dan baju dalam di kotak penyimpanan di bawah kasur. Kotaknya bisa dibagi tiga atau empat tergantung kebutuhan dan keinginan. Baju yang disimpan jangan lupa untuk selalu diatur terlebih dahulu ya Teman Muis, karena rumah dengan ukuran mungil akan lebih nyaman jika barang-barang di dalamnya tertata dengan rapi. Pastikan juga, bahwa benda penarik kotak tidak menyusahkan penghuni rumah.

Untuk teknik melipat baju, Teman Muis bisa lihat teknik melipat pakaian ala Marie Kondo. Marie Kondo adalah penulis Jepang yang terkenal lewat bukunya berjudul Life-Changing Magic: A Journal: Spark Joy Every Day dan serial netflix Tidying Up With Marie Kondo. Melalui teknik melipat pakaian tersebut, banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat. Satu, ketika mencari pakaian jadi jauh lebih mudah. Kedua, sisa ruang untuk penyimpanan baju dan barang-barang lain jadi lebih banyak. Ketiga, ide dari decluttering itu sendiri ternyata bisa diaplikasikan di beberapa aspek kehidupan lainnya.

Tempat Bekerja dan Istirahat Di Satu Area

Siapa yang sedang baca artikel ini dan langsung berkata dalam hati bahwa inspirasi desain ketiga ini saya banget! Hayooo? Konsep keren ini bisa dibilang dambaan orang-orang yang sangat passionate bekerja dan butuh istirahat singkat secara berkala. Kalau Anda ingin mencoba mendesain dengan konsep di atas, untuk mengakali tingkat kenyamanan, jangan lupa untuk mencari bahan kasur yang empuk agar sempitnya tidak terasa. Waktu istirahat juga bisa lebih maksimal.

Bagaimana Teman Muis? Sampai di poin terakhir adakah yang sudah tertarik membangun rumah mungil?

Baca juga: Inspirasi Mushola Dalam Rumah, Supaya Ibadah Lebih Khusyuk

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Kami di Whatsapp