Beberapa Poin Untuk Dicermati Agar Tidak Bimbang

Perkembangan jasa desain interior di Indonesia tergolong cukup signifikan. Dari sekadar seni menghias hingga menjadi studi yang terspesialisasi yang dapat melayani masyarakat dan menghasilkan uang. Namun, tidak sedikit yang masih ragu dalam menggunakan jasa tersebut. Artikel di bawah ini bertujuan agar Anda yang mungkin sedang dilanda kebingungan dapat setidaknya maju satu langkah menuju keputusan akhir.

1. Bisa Hemat Uang

jasa-desain-interior
Photo by Michael Longmire on Unsplash

Banyak yang masih berpikir bahwa menggunakan jasa desain interior akan menghabiskan banyak uang. Namun, tahukah Anda bahwa dengan menyewa jasa tersebut, sebenarnya Anda bisa lebih hemat? Contohnya, Anda sedang belanja peralatan rumah tangga untuk mengisi sebuah ruangan. Terdapat satu sofa yang terlihat sangat bagus lalu Anda memutuskan untuk membelinya. Namun, setelah ditaruh di ruangan tersebut ukuran sofa ternyata terlalu besar, beda sekali ketika dipamerkan di toko yang Anda kunjungi. Wah, kejadian seperti ini buat mood turun drastis! Apalagi jika harga sofa tersebut sangat mahal.

Kehadiran perancang interior akan meminimalisir kejadian sejenis karena ukuran sebuah barang akan terlebih dahulu disesuaikan dengan kondisi ruangan yang akan didesain. Ya, Anda memang tetap harus membayar jasa perancang desainer, namun Anda akan dibantu untuk membuat rencana sesuai kondisi yang ada dan merencanakan anggaran sesuai budget agar terhindar dari kesalahan desain dan pembelian yang berdampak pada keluarnya uang lebih banyak.

2. Dapat Hemat Waktu

desain-interior
Photo by Agê Barros on Unsplash

Pernah lihat desain sebuah rumah, bangunan, atau ruangan yang kelihatannya sangat cantik, elegan, dan minimalis? Pernah terbesit dipikiran Anda berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat desain seperti itu? Jawabannya, tentu saja membutuhkan waktu banyak. Tidak hanya semalam dan tentu akan mengeluarkan banyak tenaga juga pikiran.

Judulnya seni menghias ruangan, namun banyak hal yang harus diperhitungkan agar sebuah ruangan bisa mencapai standar seimbang dalam hal fungsi, bentuk, dan desain. Dengan memasukkan pilihan untuk menyewa jasa desain interior ke dalam pertimbangan Anda, hal-hal rumit seperti membeli furnitur, mengarahkan vendor, dan melacak rencana anggaran akan lebih tertata juga cepat selesai. Urusan dari hari ke hari juga akan dijalankan oleh si perancang interior.

Tugas Anda akan jauh lebih sederhana bukan? Seperti mungkin hanya akan menjadi pengawas jalannya proyek?

Baca juga: Persiapan Penting Sebelum Membangun Rumah

3. Jaringan Luas & Sumber Daya Banyak

jasa-desain-interior
Image by MikesPhotos from Pixabay

Ada beberapa segmen masyarakat yang tidak suka dengan desain atau barang-barang yang terlalu umum dan sering dilihat di pasaran maupun di sosial media. Segmen tersebut biasanya menginginkan hal yang tidak biasa. Dengan dibekali pengetahuan dan pengalaman yang cukup, desainer interior memiliki jaringan yang luas dan sumber daya yang banyak.

Sebagai contoh, Anda sedang dalam tahap awal membangun sebuah restoran Meksiko di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Anda ingin sentuhan budaya Indonesia tetap ada atau hidup di setiap sudut ruangannya. Maka dari itu, Anda akan membutuhkan furnitur yang sekiranya memiliki desain campuran Meksiko dan Indonesia.

Dalam kasus ini, seorang desainer interior dapat membantu Anda terkait masalah akses ke sebuah sumber daya tertentu. Misalnya, ada satu toko yang dapat membuat desain furnitur dengan konsep customize-yourself yang hasil akhirnya tentu akan beda daripada yang lain. Di hal ini, Anda akan mempersingkat waktu dan menghemat tenaga, bukan?

4. Meningkatkan Nilai Rumah Jika Dijual

Memang, tidak semua orang memiliki niat untuk menjual rumahnya. Namun, masih cukup banyak masyarakat yang menjual rumah kedua, rumah utama, atau satu ruangan sederhana untuk keperluan tertentu. Untuk dapat dijual, atau lebih baiknya dapat terjual dengan cepat sesuai target harga jual, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar baik dari segi renovasi ulang maupun proses penjualannya.

Terdapat beberapa bagian dari rumah atau ruangan yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk direnovasi. Contohnya, kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Tiga contoh tersebut masuk ke dalam ruangan penting dalam sebuah rumah dan membutuhkan bahan-bahan dasar yang sesuai agar fungsi dan desainnya seimbang.

Jika Anda memakai jasa desain interior, perancang tentunya akan sudah lebih dulu memikirkan hal-hal di atas. Mulai dari awal proses desain yang nantinya Anda tidak perlu cemas mengenai nilai harga jual rumah.

5. Hasil Yang Baik Dan Menjanjikan

ruang-keluarga
Photo by Vecislavas Popa from Pexels

Seorang perancang interior sangat memperhatikan tren desain-desain terbaru, termasuk produk-produk yang sedang dan akan tersedia, juga pemasok seperti apa yang bagus dan terpercaya. Hal tersebut membuat proses proyek yang sedang dijalani akan berjalan lebih mulus jika memutusan untuk bekerja sama dengan seorang desainer interior.

Selain berdampak pada proses yang lebih mudah, hasilnya tentu akan baik dan menjanjikan. Karena jalannya proyek akan dipantau sejak awal dengan memperhatikan banyak hal, dari rencana besar hingga rincian yang paling kecil di segi desain dan anggaran. Tujuannya agar semua hal tetap berjalan sesuai target dan keinginan.

Baca juga: Renovasi Rumah Jangan Ditunda Gunakan Jasa Kontraktor Agar Hasil Maksimal

Latar belakang, budget, dan kebutuhan masing-masing orang berbeda. Namun, kelima poin di atas akan Anda miliki jika memutuskan untuk menyewa jasa desain interior. Sudah terbesit untuk menyewa jasa desain interior kantor Anda? atau ingin menggunakan jasa desain interior kamar tidur? kami siap membuat rencana Anda menjadi kenyataan. Tidak harus langsung menyewa, Anda cukup berkonsultasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan kebutuhan dengan harga. Siapa tahu bisa dapat harga yang murah namun tetap sesuai keinginan.

Teman Muis, pastikan bahwa Anda memilih jasa konstruksi atau jasa desain interior yang memiliki pendekatan konsultatif ya agar dalam menjalani prosesnya mudah dan tidak harus menyulut kemarahan.

Kami tunggu ide-ide keren Anda!