model-minimalis
https://www.casaindonesia.com/

Bagi pasangan muda yang hidup di era millenial ini biasanya ingin memiliki rumah sendiri. semakin banyak model tipe rumah saat ini dan semakin bervariatif seiring perkembangan jaman. namun, model rumah minimalis masih merupakan model banyak diminati dan oleh digemari masyarakat Indonesia, Di sini, kami ingin merekomendasikan berbagai desain dan tipe rumah minimalis yang bisa dijadikan catatan bagi teman-teman.

1. Membuat Atap Limasan Piramida

model-minimalis-1
https://1.bp.blogspot.com/

Tahukah kah anda bahwa banyak sekali saat ini tipe rumah minimalis mempunyai bentuk – bentuk dengan model yang berbeda – beda baik dari sisi eksterior maupun bentuk atap rumahnya. Untuk atap rumah minimalis yang lagi trend sekarang adalah atap rumah Limasan atau piramida, atap ini namun seperti rumah adat bali. Atap rumah seperti ini dapat membuat rumah anda terlhiat dan tampil lebih elegan dan mempesona.

2. Kesederhanaan Tata Ruang

model-minimalis-2
https://www.ruparupa.com/

Jangan lupa selain memikirkan dalam membangun Eksteriornya, ada baiknya juga turut memperhatikan sisi Interior terutam dari sisi tata ruang. Dalam hal ini, rumah minimalis memiliki tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien dengan volume ruang bertingkat. Bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan adalah ciri khas dari denah rumah minimalis.

3. Pengoptimalan Fungsi Dari Kaca Jendela

model-minimalis-3
https://unsplash.com/

Karakteristik dari rumah minimalis juga sangat memperhatikan intensitas penggunaan kaca. Karena memang saat kita menemukan rumah minimalis, biasanya mata kita akan langsung tertuju pada kaca jendelanya yang besar dan lebar. Ini sangat penting dikarenakan jendela besar dimaksudkan agar udara dan sinar matahari dapat mudah masuk ke dalam rumah.

Dengan begitu, tingkat kelembaban dalam rumah akan selalu terjaga. Selain itu, pencahayaan alami juga mampu memberi penekanan dan nilai estetika lebih pada furnitur yang terpapar cahaya.

4. Arsitektur Yang Berupa Geometris

model-minimalis-4
https://www.arsitag.com/

Kesederhanaan arsitektur rumah minimalis biasanya juga bisa dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Jika dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar. desain ini rata-rata didominasi permainan garis dan geometri, memang sudah menjadi konsep dasar arsitektur minimalis.

Namun, memadukan dan mengkomposisikan garis dan bentuk geometri yang ada menjadi sebuah karya cantik yang juga nyaman untuk penghuninya, menjadi tantangan yang perlu kecerdikan dan kepiawaian dalam mencari solusinya.

5. Penggunaan Bahan Material Yang Sederhana

model-minimalis-5
https://www.arsitag.com/

Poin Terakhir yang juga sangat penting yaitu dalam pemilihan bahan-bahan material di dalamnya. Arsitetur rumah minimalis biasanya dikenal selalu menggunakan material bahan bangunan yang sederhana dan mudah ditemukan. seperti jenis batu bata digunakan untuk membuat dinding, kayu dan keramik yang digunakan juga sebagai bahan dari desain lantai pada rumah. ada juga material lain seperti kaca, beton dan baja.

Umumnya material bangunan yang tidak rumit ini justru akan memberikan daya tarik tersenndiri sekaligu menonjolkan sifat natural alamiah . Hasil akhirnya pun bisa dibilang tidak serumit arsitektur rumah pada umumnya. seperti misalnya hasil akhir dari dinding didaptkan dengan proses aci dan pada bagian lantai pun hanya dilapisi keramik tanpa perlu proses finishing lagi.

Dari semua poin diatas, tentunya masih banyak pertimbangan dan rancangan yang perlu disesuaikan dengan lingkungan dan lainnya yang akan kami bahas dalam artikel – artikel lainnya.

Baca Juga : Tipe Rumah Berdasarkan Luas Ukuran