Cara Membuat Rumah nyaman ditempati.

Setiap orang mendambakan kenyamanan. Apalagi di tengah wabah demam santuy dan rebahan, rumah yang nyaman adalah kunci. Tidak hanya untuk bercengkrama dengan keluarga sambil nonton streaming, rumah yang nyaman juga cocok jika sewaktu-waktu kita diharuskan bekerja dari rumah (work from home). Lalu bagaimana agar rumah kita nyaman? Cara membuat rumah nyaman harus dimulai dengan rumah yang bersih dan higienis. Begini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Bersihkan Ruangan Setelah Digunakan

cara-membuat-rumah-bersih
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kebersihan adalah sesuatu yang bisa dibiasakan. Kamu bisa memulai dari membersihkan ruangan atau barang-barang sesaat setelah menggunakannya. Misalnya, langsung cuci alat masak dan piring setelah makan, langsung bereskan dapur setelah digunakan, merapihkan buku-buku setelah dibaca, dan lain sebagainya.

2. Mengurangi Barang yang Tidak Diperlukan

cara-membuat-rumah-bersih-mengurangi-barang-tidak-diperlukan
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Apakah kamu termasuk orang yang biasa membeli barang tapi akhirnya jarang digunakan? Jika iya, tampaknya kamu harus mulai memilah barang mana yang benar-benar kamu perlukan. Semakin sulit menjaga rumah tetap bersih jika terlalu banyak koleksi barang yang tidak perlu. Kebiasaan ini bisa membuat rumah lebih sesak karena terlalu banyak barang yang disimpan di dalamnya. Padahal, rumah akan cenderung lebih mudah dibersihkan saat ruangan lapang.

3. Siapkan Seperangkat Alat Pembersih

alat-pembersih
Photo by Heather Ford on Unsplash

Lengkapi rumah dengan perlengkapan alat kebersihan. Simpan dalam satu tempat agar lebih mudah diambil saat dibutuhkan. Alat kebersihan yang wajib tersedia antara lain sapu, sikat, cairan pembersih, kain lap, pengharum ruangan dan lain sebagainya. Dengan adanya alat kebersihan yang lengkap di rumah, debu dan kotoran akan lebih mudah untuk disingkirkan.

4. Ventilasi Udara atau Jendela yang Baik

buka-jendela
sumber: pixabay

Siapa sangka, penggunaan produk-produk pembersih, pengharum ruangan yang sudah lama, bahkan aroma masakan ternyata bisa berkontribusi terhadap polusi di dalam rumah. Karena itu sirkulasi udara yang baik sangat diperlukan dalam rumah. Kamu bisa membuka jendela saat kamu memasak, atau saat bersih-bersih. Biasakan juga untuk membuka jendela saat pagi hari karena udara pagi cukup menyehatkan.

5. Memilih Cat Ramah Lingkungan

memilih-cat
sumber: pixabay

Dikutip dari Media Indonesia, mengecat ulang rumah juga hal yang perlu dipertimbangkan untuk meminimalisir polusi udara di rumah. Cat yang sudah lama cenderung mengelupas sehingga berkontribusi pada jumlah debu di rumah. Karena itu mengecat ulang rumah diperlukan. Namun jangan gunakan sembarang cat. Pastikan menggunakan cat berlabel ramah lingkungan.

6. Cara Membuat Rumah Bersih? Buat Jadwal Rutinnya

cara-membuat-rumah-buat-jadwal-bersih-bersih
Photo by Gustavo Fring from Pexels

Rumah yang bersih adalah yang rutin dibersihkan. Pemilik rumah yang rapih dan bersih biasanya memiliki rutinitas untuk merapikannya. Dengan membersihkan rumah secara rutin, waktu yang diperlukan akan lebih singkat. Tetapkan jadwal rutin untuk merapikan dan membereskan rumah. Misalnya, gunakan hari Sabtu pagi untuk menyapu dan menyedot debu. Jadwalkan pula untuk kegiatan bersih-bersih lainnya. Kamu perlu kedisiplinan untuk membuat rumah selalu bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat rumah bersih dan higienis. Jangan lupa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Dari rumah yang bersih, kesehatan penghuni rumah akan terjamin. Kuncinya adalah niat dan konsistensi untuk terus merapikan dan membersihkan rumah. Jika kamu perlu untuk merenovasi atau memperbaiki bagian rumah, pastikan untuk menggunakan jasa kontraktor yang profesional. Dengan bantuan dari ahlinya, pekerjaan akan beres dengan kualitas yang baik dan kamu bebas dari rasa khawatir.