Merencanakan konstruksi rumah dengan seksama adalah jalan utama yang harus Anda pikirkan untuk menciptakan hunian nyaman. Pasalnya rumah bukan hanya dibangun untuk tempat tinggal secara fisik, namun semestinya rumah menjadi tempat beristirahat bagi semua anggota keluarga.

Konstruksi merupakan kerangka, dasar dari pembangunan rumah yang menentukan berapa lama rumah tersebut bisa berfungsi dengan baik. Semakin matang konstruksi pada rumah maka akan semakin bisa berkualitas juga hunian yang Anda tempati, bahkan bisa untuk beberapa generasi ke bawah.

Konstruksi pada rumah dibedakan menjadi dua jenis, yang pertama adalah konstruksi bagian atas dan yang kedua merupakan konstruksi bagian bawah. Untuk bagian bawah ini hanya satu, yakni pondasi. Sementara bagian atas adalah apa yang terlihat, seperti atap, dinding, dan juga ventilasi di rumah. Memang semakin bagus rencana konstruksi rumah yang dirancang akan semakin tinggi juga persiapan biaya yang harus dikeluarkan. Namun, jika bisa maksimal di awal sebaiknya hal tersebut diteruskan, alih-alih nanti setelah rumah jadi, justru banyak perbaikan di sana-sini karena kualitas konstruksi jelek.

8 Bagian Konstruksi Rumah

Konstruksi rumah terbagi menjadi beberapa bagian, setidaknya ada 8 bagian yang dapat dipahami dari penjelasan di bawah ini:

1. Pondasi Konstruksi Rumah

Pondasi adalah akar agar bangunan rumah bisa bertahan menopang segala beban di atasnya. Pondasi yang baik harus ditempatkan di lahan yang tepat, tidak mudah longsor, dan minim penurunan.

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

2. Balok Beton

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Jika Anda kerap melihat beton-beton panjang sebelum rumah jadi, itulah definisi poin ini. Balok beton bertugas meneruskan tugas pondasi untuk membuat bangunan rumah bisa bertahan dengan baik.

3. Dinding

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Setelah balok beton, ada yang dinamakan dengan dinding. Yang satu ini sudah jelas tanpa perlu diberikan definisi lagi.

4. Ventilasi

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://www.pexels.com/

Ventilasi di dinding adalah hal penting untuk mengatur keluar dan masuknya udara. Tujuannya supaya rumah tidak mudah lembab dan sirkulasi udara bisa berputar dengan baik.

5. Balok Latei

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com/

Balok latei adalah bagian dari konstruksi rumah yang ditempatkan persis di atas jendela dan pintu. Tujuannya untuk menyangga pintu maupun jendela agar tahan terhadap segala ancaman, termasuk jika ada gempa.

Selebihnya masih ada beberapa bagian lagi, seperti Balok Ring, Kuda-kuda, dan Atap. Kecuali atap, kedua bagian lainnya ada di bagian tidak terlihat yang berperan penting untuk kokohnya bangunan rumah.

Tips Hemat Membangun Rumah

Zaman sekarang ini harga rumah sudah sangat tinggi, hal tersebut berpengaruh juga jika Anda hendak membangun rumah dari nol. Namun, hal tersebut bukan berarti menghalangi Anda untuk memiliki rumah. Anda tetap bisa memiliki rumah asalkan mempertimbangkan beberapa hal penting.

Semua ukuran baja yang digunakan sebagai konstruksi rumah itu kelipatan genap sehingga akan sangat disarankan jika Anda memutuskan ukuran rumah genap. Keputusan ini berguna untuk efisiensi biaya dan material. Bentuk rumah yang persegi panjang dan kotak juga sangat bagus untuk menghemat material.

Pasalnya jika Anda memilih bentuk rumah segitiga, otomatis banyak material terbuang karena harus dipotong di sana-sini. Pemilihan lahan di area yang datar juga wajib diprioritaskan, pasalnya lahan yang curam akan menambah biaya pembangunan menjadi lebih mahal karena banyak yang dikerjakan.

Hal-hal lain yang wajib dipertimbangkan adalah bahan-bahan konstruksi yang digunakan bisa memakai material lokal saja. Kemudian sumber daya manusianya juga harus yang terpercaya serta bisa bekerja tepat waktu. Semua pertimbangan wajib dipikirkan agar pembangunan rumah nantinya jadi bisa semaksimal mungkin. Ketika Anda akan membangun sebuah hunian, ada baiknya memahami terlebih dahulu bagian terpenting pada bangunan tersebut. Agar nantinya Anda bisa menikmati rumah yang nyaman untuk keluarga. Perhatikan pula cara agar Anda bisa menghemat pengeluaran demi mendapat konstruksi rumah yang terbaik.

Baca Juga: Pondasi Rumah yang Kokoh itu Penting