Tahapan dan Cara Membuat Rumah Dengan Jasa Kontraktor.

Ketika kamu ingin membangun atau merenovasi rumah, dalam artikel cara membuat rumah ini disebutkan bahwa salah satu langkah terpenting adalah mendapatkan jasa kontraktor profesional. Setelah bekerja sama dengan kontraktor tersebut, lalu apa langkah selanjutnya?

Perhatikan langkah-langkah cara membuat rumah berikut ini.

1. Tahapan Pre-Konstruksi

cara-membuat-rumah
sumber: pixabay

Tahap memilih kontraktor adalah tahap yang penting sekaligus menantang. Kenapa penting? Karena dengan memilih kontraktor yang profesional, maka dengan sendirinya akan menghilangkan risiko gagal bangun. Ibarat sebuah ungkapan: jika kita gagal berencana, maka kita berencana untuk gagal. Kamu gak mau kan pembangunan rumah impianmu gagal di tengah jalan? Pastikan kontraktor yang kamu pilih terpercaya dan profesional. Ini bisa dilihat dari rekam jejak dan portofolio dari kontraktor yang kamu pilih. Misalnya, semakin tua tahun berdiri sebuah perusahaan kontraktor, semakin terpercaya ia dalam melakukan pembangunan rumah.

2. Pemilihan Material dan Penyusunan RAB

cara-membuat-rumah-rab
sumber: pixabay

Beberapa kontraktor memberikan jasa konsultasi gratis. Jasa konsultasi ini meliputi survei lokasi dan penyusunan RAB atau rancangan anggaran biaya. Dalam tahapan ini biasanya akan dibahas mengenai pemilihan material bangunan yang akan kamu gunakan. Ketika kamu sudah sampai ke tahap ini, maksimalkan waktu konsultasi dan survei dengan kontraktor. Tanyakan semua hal yang kamu ingin tahu mengenai pembangunan rumahmu. Selain agar kita tahu semua informasi yang diperlukan, juga untuk memastikan bahwa kontraktor yang kita pilih memiliki knowledge yang mumpuni.

3. Penandatanganan Dokumen

cara-membuat-rumah-dokumen
sumber: pixabay

Setelah RAB selesai, langkah berikutnya adalah menandatangani dokumen. Sebelum tanda tangan, pastikan kamu dan kontraktor memahami isinya. Dalam dokumen biasanya berisi tentang kesepakatan harga, proses dan jangka waktu pembayaran, alternatif rancangan anggaran biaya, serta spesifikasi yang telah ditentukan. Dokumen ini akan menjadi acuan kontraktor dalam membangun rumahmu. In addition, dokumen ini juga sebagai pegangan kamu untuk mengawasi kinerjanya.

4. Proses Pembayaran

tahapan-bayar
sumber: pixabay

Dalam dokumen yang kamu sepakati, biasanya terdapat kesepakatan jumlah harga dan proses pembayaran. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pastikan kamu melakukan proses pembayaran secara bertahap. Pembayaran bertahap mulai dari tahap konstruksi bangunan, penataan denah, pendirian atap, dan penyelesaian. Berapa kali pembayaran tergantung dari kesepakatan. Bisa dua kali, tiga kali, atau mungkim empat kali. Proses pembayaran bertahap ini tentunya harus atas kesepakan kamu dan kontraktor ya.

5. Serah Terima Kunci

serah-terima-kunci
sumber: pixabay

Ini nih yang pasti kamu tunggu. Setelah rumah selesai dibangun sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, serah terima kunci bisa dilakukan antara kontraktor dengan kamu sebagai pemilik.

Itulah tahapan dan cara membuat rumah idaman dengan jasa kontraktor. Dengan bantuan kontraktor yang profesional tentunya akan membuat kamu tenang selama proses pembangunan. Setelah tahapan di atas kamu ikuti, jangan lupa untuk berdoa ya agar segala proses pengerjaannya lancar. So, sampai jumpa di artikel berikutnya.