6 Cara Membuat Rumah Anda Lebih Aman, Bebas Maling

Cara membuat rumah lebih aman yang sederhana tapi efektif.

Anda mungkin masih ingat dengan Bang Napi, tokoh ikonik yang dulu sering muncul di program acara kriminal. Quote yang terkenal dari Bang Napi adalah “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tapi juga ada kesempatan.”  Karena itu, menjaga kondisi keamanan rumah akan meminimalkan kesempatan terjadinya kejahatan. Di bawah ini beberapa cara membuat rumah Anda lebih aman.

1. Pintu dan Anak Kunci yang Aman

cara-membuat-rumah-aman-pintu
Sumber: hiddendoorstore

Ketika Anda menempati hunian baru, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mengganti kuncinya. Ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti pembobolan atau pencurian. Meskipun kunci dari pemilik atau penyewa sebelumnya telah berpindah tangan, siapa yang tahu jika ada salinan kunci yang masih tersimpan. Jika Anda memasuki rumah baru yang dibangun oleh kontraktor, pastikan serah terima kunci dilakukan dengan baik. Atau jika diperlukan, Anda bisa menambahkan kunci kedua, seperti kunci selot atau gembok sebagai bentuk pengamanan ganda. Penggunaan kunci dengan kualitas yang tinggi dapat mencegah penjahat yang berusaha membuat pintu rumah Anda terbuka.

2. Jendela yang Aman

cara-membuat-rumah-aman-jendela
Sumber: dekoruma

Tidak hanya berfungsi untuk mengalirkan udara dari dan ke dalam ruangan, jendela adalah area paling rentan di rumah. Sudah banyak cerita jendela yang dibobol sebagai jalan masuk penjahat masuk ke dalam rumah. Untuk itu, desain dan material jendela perlu sangat diperhatikan. Gunakan material yang selain berdesain indah, juga berbahan kuat. Material besi bisa menjadi material yang baik untuk tujuan keamanan. Ditambah dengan kaca, tentunya akan menjadi pengaman sekaligus bagian yang indah dari bagian depan rumah Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Rumah dengan Jasa Kontraktor

3. Pagari Rumah Anda

cara-membuat-rumah-aman-pagar
Sumber: shreenad.blogspot.com

Jika memang Anda merasa perlu, tidak ada salahnya untuk membuat pagar yang mengelilingi rumah Anda. Tujuannya tentu untuk mencegah orang asing atau orang tidak dikenal masuk ke area rumah Anda secara sembarangan dan tanpa izin. Pagar juga bisa menghalangi agar orang tidak berniat jahat masuk ke rumah. Pagar rumah bisa efektif jika dibangun di kawasan bukan perumahan atau kawasan yang jauh dari jangkauan petugas keamanan.

4. Tidak Meletakkan Sesuatu yang Berharga di Luar Rumah

cara-membuat-rumah-aman-halaman
Sumber: wikipie.co.id

Salah satu cara pencuri dalam menjalankan rencana kejahatannya adalah dengan berkeliling mencari target korban. Pencuri biasanya mencari tanda-tanda apakah suatu rumah memiliki benda yang berharga untuk dicuri. Mereka akan berkendara di sekitar rumah dan melewati setiap rumah untuk melihat apakah ada sesuatu yang berharga di halamah rumah Anda. Pencuri juga biasanya akan melirik teras atau balkon rumah untuk melihat apakah di situ ada barang-barang berharga. Untuk menghindari agar rumah Anda tidak menjadi target pencuri, sebaiknya jangan menyimpan barang berharga di tempat yang dapat terlihat dari pandangan di luar rumah. Ini agar tidak memancing pencuri untuk melancarkan aksinya.

Selain itu, adanya paket barang atau koran yang bergelatakan di halaman rumah bisa menjadi salah satu tanda rumah yang tidak ada penghuninya. Rumah yang penghuninya tidak ada bisa membuat siapa pun menerobos masuk dengan leluasa. Karena itu, jika bepergian untuk waktu yang agak lama, usahakan agar pengiriman paket dan surat rumah dititipkan ke tetangga atau keluarga terdekat.

5. Kenali Tetangga jadi Cara Membuat Rumah Lebih Aman

cara-membuat-rumah-aman-tetangga
Sumber: pixabay

Upayakan untuk kenal dan berinteraksi dengan tetangga. Mereka dapat menjadi mata dan telinga pada saat Anda sedang tidak berada di rumah. Begitu pun sebaliknya, Anda bisa membantu tetangga melihat keadaan sekitar saat tetangga sedang tidak ada di rumah. Dengan membangun hubungan yang harmonis dengan tetangga di sekitar Anda, nantinya akan terbentuk sebuah komunitas yang dapat saling menjaga.

6. Simpan Nomor Kontak Penting

nomor-telepon-darurat
Sumber: pixabay

Anda harus menyimpan nomor penting dan nomor darurat agar lebih cepat dalam meminta bantuan. Nomor penting misalkan nomor telepon keluarga dengan jarak terdekat, petugas keamanan, dan tetangga sekitar. Sementara untuk nomor telepon darurat, catat beberapa nomor penting berikut ini:

Layanan Polisi: 110
Ambulans: 112 dan 119
Pemadam Kebakaran: 113 atau 1131
Layanan PLN: 123

Itulah beberapa tips dan cara membuat rumah Anda lebih aman. Semoga bermanfaat ya, Teman Muis!

Jika Anda membutuhkan jasa kontraktor untuk merenovasi rumah atau membangun pagar agar hunian lebih aman, Anda bisa menghubungi PT Muis Dikakarya di sini. Sampai bertemu lagi di artikel-artikel berikutnya.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Kami di Whatsapp