Ini Cara Membuat Rumah Kamu Nyaman Ditempati

Semakin terbatasnya lahan hunian membuat rumah berukuran kecil semakin diminati. Rumah berukuran kecil ini terkenal dengan sebutan rumah minimalis. Meski berukuran kecil, bukan berarti rumah jenis ini tidak nyaman. Ini dia cara membuat rumah minimalis kamu lebih nyaman untuk ditempati.

Ada delapan cara yang bisa kamu coba agar rumah minimalismu menjadi terasa lebih nyaman.

1. Pastikan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Baik

cara-membuat-rumah-pencahayaan
sumber: pixabay

Cahaya matahari bermanfaat untuk kesehatan. Karena itu, sangat bagus jika rumah kamu menghadap ke arah terbitnya matahari. Selain sehat, cahaya matahari bisa mengurangi kelembapan ruangan. Namun jika rumahmu tidak menghadap ke arah matahari terbit, cahaya matahari terbenam pun cukup bagus untuk kesehatan. Jendela rumah dapat kamu gunakan untuk penerangan. Dengan penerangan yang cukup akan membuat rumah terasa lega. Buka pintu dan jendela di pagi hari agar sirkulasi udara dalam rumah berfungsi dengan baik. Ini akan menghindarkan rumah dari kondisi pengap. Maksimalkan juga ventilasi udara agar dapat menghemat penggunaan pendingin udara.

2. Maksimalkan Ruang yang Tersedia

maksimalkan-ruang
sumber: pixabay

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menaruh perabotan di lantai rumah. Sebagai contoh, hindari menyimpan buku dan dokumen kertas di atas meja. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan rak dinding sebagai tempat penyimpanan buku atau kertas. Untuk TV, kamu juga bisa menggunakan rak TV yang menempel di dinding dibandingkan menggunakan lemari TV yang bisa memakan banyak ruang di rumahmu.

3. Gunakan Warna yang Tepat

pilih-warna-tepat
sumber: pixabay

Kesan yang luas dan lapang bisa didapatkan dari warna cat ruangan yang berwarna putih atau terang. Warna putih, abu-abu terang  atau aksen kayu dapat kamu kombinasikan agar tampak lebih kekinian. Untuk kamar tidur, kamu bisa coba warna hijau muda. Warna ini memiliki efek menenangkan. Setelah seharian bekerja, pikiran kamu akan rileks ketika melihat warna hijau muda pada ruangan. Agar warna hijaunya tidak berlebihan, cukup gunakan di salah satu sisi ruangan saja lalu padukan dengan furnitur bernuansa putih. Selain untuk rumah baru, warna-warna ini bisa kamu gunakan saat merenovasi ruangan yang kini kamu tempati.

4. Tambahkan Perlengkapan Rumah Tangga yang Unik

cara-membuat-rumah-hiasan
Photo by Elle Hughes from Pexels

Memiliki hunian yang kecil atau minimalis bukan berarti tinggal di tempat yang monoton. Saat ini banyak tersedia berbagai jenis perabotan yang unik, baik dari segi warna maupun desain. Walau pun minimalis, kamu tidak akan merasa bosan.

5. Tempatkan Objek Pengalih Perhatian

hiasan-rumah
sumber: pixabay

Sebuah foto atau lukisan besar dengan gambar yang menarik akan menjadi fokus utama kamu dan tamu saat pertama kali masuk ke rumah. Selain membuat rumahmu terkesan menarik, lukisan atau foto juga dapat mengalihkan perhatian dari kondisi rumah yang sempit. Namun perlu kamu usahakan agar tidak menggunakan perabotan besar yang ditaruh di lantai ya. Supaya tidak memakan banyak tempat di ruanganmu.

6. Letakkan Tanaman Hijau atau Bunga di Dalam Ruangan

pot-bunga
sumber: pixabay

Sebuah studi menyatakan bahwa menambahkan tanaman di dalam rumah dapat meningkatkan kesehatan penghuninya. Tanaman dapat meningkatkan kualitas udara, mengurangi partikel kecil dan debu di udara serta bisa mendetoks racun. Untuk ruangan yang minimalis, kamu bisa memilih tanaman kecil yang tidak memakan banyak tempat seperti kaktus.

7. Letakkan Barang Sesuai dengan Tempatnya

tempat-barang
Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Meskipun rumah minimalis, bukan berarti kamu bisa mudah mencari barang saat kamu lupa menyimpannya. Ada saatnya kamu kebingungan mencari gunting kuku atau kunci kendaraan. Agar kamu tidak kerepotan saat mencari benda-benda tersebut, investasikan waktu untuk mengatur dan memberikan mereka tempat khusus sendiri. Kamu bisa manfaatkan toples kecil atau wadah khusus. Biasakan diri untuk meletakkan barang sesuai dengan tempatnya agar tidak stres saat mencari barang di dalam rumah.

8. Kondisikan Rumah Agar Selalu Dalam Kondisi Bersih

rumah-bersih
sumber: pixabay

Hanya simpan dan gunakan barang-barang yang kamu perlukan dalam rumah. Jika terlalu banyak menumpuk barang akan menimbulkan kesan ruwet dan berantakan. Hingga akhirnya membuat penghuni rumah menjadi bosan dan sumpek. Perhatikan peletakan barang-barang agar kamu mudah membersihkan rumah. Hunian yang bersih akan membuat kamu betah dan menjauhkan diri dari stres.

Itulah beberapa cara membuat rumah minimalismu menjadi lebih nyaman. Untuk merenovasi rumah minimalismu, gunakan jasa kontraktor yang profesional dan berpengalaman.

Baca Juga: Tahapan Dan Cara Membuat Rumah dengan Jasa Kontraktor