Memikirkan design rumah ketika membangun sebuah hunian adalah hal penting karena design yang menentukan beda antara rumah satu dan rumah lainnya. Meskipun tinggal di perumahan yang notabene bentuk rumahnya sama, namun design interior berbeda menciptakan nuansa berbeda pula.

Design hunian terbagi menjadi dua macam, yakni design interior dan design eksterior. Untuk design interior, beberapa hal yang diatur adalah penempatan barang-barang. Sementara untuk design eksterior adalah hal di luar rumah, seperti contohnya pemanfaatan halaman dan penempatan kursi.

Design adalah rencana awal yang perlahan direalisasikan dengan proses diskusi. Untuk design rumah, jika menggunakan sebuah jasa maka antara pihak jasa dan klien akan sering bertemu. Meskipun dari awal sudah menjelaskan keinginan design, namun bukan berarti tidak akan mengalami kendala dalam pengerjaannya.

Desainer bangunan secara mendasar akan mempertimbangkan beberapa hal, seperti kondisi lingkungan seperti jalan dan area hijau, kebutuhan berapa jumlah ruangan untuk klien, satu lantai atau dua lantai, dan jumlah lantai. Pertimbangan tersebut perlu untuk menentukan design yang bagus.

Istilah-Istilah Design Rumah dalam Dunia Konstruksi

Dalam dunia design rumah, dikenal beberapa istilah yang berkaitan dengan struktur bangunan, di antaranya:

1. Ceiling

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Ceiling adalah istilah lain dari atap rumah. Perkembangan material atap rumah dari waktu ke waktu kian beragam. Jika dulu orang menggunakan kayu sebagai ceiling, sekarang tidak sedikit rumah menggunakan gypsum sebagai pertimbangan estetika.

2. Fasad

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Fasad adalah bagian depan rumah, area yang menjadi visual rumah secara keseluruhan karena merupakan bagian awal yang dilihat orang. Beberapa orang mungkin tidak mementingkan area depan rumah, namun percaya atau tidak, kerapian fasad membuat nyaman penghuni juga.

3. Void

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Void adalah ruangan tanpa isi yang lokasinya ada di antara lantai bawah dengan lantai atas. Pemanfaatan void ini bergantung kepada Anda, namun kebanyakan orang memanfaatkan void sebagai tempat sirkulasi udara.

4. Kanopi

Jasa-Kontraktor
Sumber:  https://www.pexels.com/

Bagian design rumah yang satu ini pasti tidak asing sebab banyak orang menggunakannya untuk menutupi mobil dari hujan dan panas. Kanopi bukan hanya digunakan untuk melindungi mobil, namun juga berfungsi sebagai pelindung atap teras.

Selain keempat istilah di atas, masih banyak lagi istilah lainnya, seperti secondary skin, vintage, retro, minimalis, dan sebagainya. Berbeda konsep rumah, berbeda pula design di dalam rumah tersebut.

Persiapan Sebelum Pembangunan Rumah

Design rumah memang identik dengan keindahan secara visual, namun indah saja belum cukup jika Anda tidak mempertimbangkan hal lainnya. Penting untuk diperhatikan sebelum menerapkan design adalah menentukan tema tempat hunian Anda terlebih dahulu, apakah retro, minimalis, klasik, american style, dan sebagainya.

Jika konsep atau temanya sudah ditentukan, Anda bisa mengatur jumlah kamar tidur sesuai dengan anggota keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut. Jumlah kamar juga sebaiknya dilebihkan hanya untuk berjaga-jaga jika ada keluarga, saudara, atau kerabat yang menginap di rumah.

Untuk design pada rumah satu lantai tentu tidak sama dengan rumah dua lantai. Bisa dibilang rencana design pada rumah dua lantai itu dua kali lipat. Anda harus detail memikirkan design di area bawah, design area atas, dan tentu saja design di bagian tangga. Detail itu perlu untuk memaksimalkan ruangan.

Beberapa orang sangat peduli dengan konsep rumahnya, beberapa lainnya hanya membangun rumah untuk tempat tinggal semata, tanpa konsep ini itu. Kedua cara orang tersebut pada dasarnya sama-sama membutuhkan design. Semakin indah dan unik, Anda akan semakin betah di rumah.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pilih Jasa Interior