Wujud renovasi rumah sangat bervariasi, mulai dari perbaikan skala kecil seperti mengecat dinding sampai dengan membongkar fondasi dan membangunnya kembali.

Hal ini bertujuan agar penghuni rumah merasa lebih nyaman menempati hunian kesayangannya. Meski tergantung pada selera dan kebutuhan pemilik rumah, ternyata renovasi tidak boleh dilakukan sembarang waktu.

Demi mendapatkan hasil kerja yang maksimal, perhatikan momen yang tepat untuk renovasi rumah dan juga waktu yang ideal.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan renovasi. Bukan cuma biaya renovasi, tapi juga desain dan timeline perlu direncanakan dengan matang agar hasil renovasi bisa maksimal.

Tapi tak jarang, banyak renovasi rumah yang terhenti di tengah jalan atau bahkan menghasilkan desain yang tak nyaman. Pada akhirnya pemilik rumah harus merogoh kocek lebih dalam untuk renovasi perbaikan. Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan pemilik rumah ketika melakukan renovasi. Dengan menghindari kesalahan umum ini, renovasi harapannya bisa direncanakan lebih matang dan berjalan lebih lancar.

Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Melakukan banyak renovasi di waktu yang sama

Sejak merencanakan renovasi rumah, sebaiknya tentukan bagian mana saja yang perlu Anda renovasi. Tak jarang di tengah proses penentuan ini muncul keinginan untuk merenovasi bagian lain yang sebenarnya bisa ditunda ke lain waktu. Pertimbangkan dengan matang mana area-area yang memang perlu segera direnovasi dan mana yang masih bisa menunggu. Sebab bila semuanya dilakukan bersamaan tanpa ada persiapan biaya renovasi dan perencanaan yang matang, malah akan menyusahkan Anda di kemudian hari.

Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Estimasi biaya renovasi rumah terlalu minim

Perencanaan biaya tentu bagian yang sangat penting dari renovasi. Banyak orang yang menyiasatinya dengan mencicil membeli material untuk renovasi rumah. Cara ini bisa membantu tapi bisa juga malah jadi pemborosan karena tak jarang perencanaan awal justru berbeda dari apa yang dikerjakan ketika renovasi dilakukan. Ketika menghitung estimasi biaya, sisihkan biaya tak terduga untuk persiapan jika ternyata di tengah renovasi butuh biaya tambahan untuk tambahan material.

Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah
Character illustration of DIY home improvement concept

Melakukan DIY tanpa keahlian

Saat ini banyak sekali inspirasi renovasi dengan teknik kreatif Do It Yourself atau DIY. Tidak ada salahnya mencoba DIY ketika renovasi rumah. Tapi yang perlu diingat, tidak semua pekerjaan DIY bisa dengan mudah dilakukan tanpa keahlian dan material yang mumpuni. Kekeliruan mencoba DIY hasilnya malah tidak akan maksimal dan Anda butuh biaya lagi untuk memperbaikinya. Sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum melakukan pekerjaan DIY atau minta bantuan kepada orang yang lebih terampil untuk membuatnya.

Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Terlalu fokus pada penampilan

Salah satu alasan melakukan renovasi rumah tentu adalah agar rumah tampil lebih cantik dari sebelumnya. Tapi terlalu fokus pada penampilan cantik tanpa mempertimbangkan fungsi dan biaya juga termasuk kesalahan renovasi berikutnya. Idealnya sesuaikan biaya renovasi yang Anda miliki dengan desain yang akan dibuat. Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti material dengan harga yang lebih terjangkau dengan fungsi yang masih dapat disesuaikan. Intinya jangan memaksakan desain yang diimpikan bila persiapan bujet kurang matang karena berisiko renovasi yang tidak maksimal.

Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Tidak menyesuaikan dengan desain rumah

Idealnya renovasi tetap menyesuaikan dengan desain rumah yang sudah ada. Mulai dari bentuk, pilihan material maupun tata letak atau layout akan lebih mudah dilakukan bila menyesuaikan dengan desain rumah eksisting. Bila Anda ingin mengubah atau mencoba desain lain yang berlainan dari desain yang sudah ada, Anda bisa berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior untuk hasil yang lebih maksimal.

Itulah 5 kesalahan yang umum terjadi ketika melakukan renovasi rumah. Anda bisa menghubungi kami, PT. Muis Dikakarya yang dapat membantu Anda merenovasi rumah, mewujudkan rumah yang lebih aman dan nyaman.

Kunjungi halaman resmi dari sosial media PT. Muis Dikakarya berikut; FacebookInstagramTwitterLinkedInYoutubePinterest.