Inilah Jenis Material Penutup Lantai untuk Hunian Kesayangan Anda

0 Comments

Material penutup lantai merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus Anda sediakan guna mempercantik tampilan hunian yang Anda miliki. Masyarakat awam mungkin menyebut penutup lantai identik dengan tegel atau keramik. Namun pada faktanya jenis penutup lantai yang tersedia dipasaran sangat banyak.

Inovasi dalam bidang konstruksi rupanya semakin maju dan membuat penutup lantai lebih bervariasi, lebih kokoh dan awet. Sebelum Anda memulai membangun sebuah hunian maka Anda tidak hanya memikirkan gambar desainnya saja. Akan tetapi juga harus memikirkan tahap finishing. Tahap tersebut merupakan tahap paling akhir.

Tahap ini memiliki peranan sangat penting mengingat akan berkaitan erat dengan tampilan serta nilai estetikanya. Anda harus bisa dengan jeli dalam mengatur setiap elemen yang akan Anda gunakan pada rancangan hunian. Oleh sebab itu Anda juga perlu menentukan material penutup lantai dengan tepat.

Jenis-Jenis Material yang Digunakan Sebagai Penutup Lantai

Berikut ini jenis-jenis material yang umum digunakan sebagai penutup lantai dengan karakter masing-masing, yaitu sebagai berikut:

1. Lantai keramik

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Penutup lantai berupa keramik merupakan pilihan paling populer dikalangan masyarakat awam. Bahkan lebih dari 50 persen rumah di Indonesia menggunakan penutup lantai jenis ini. Kelebihan dari lantai keramik ialah memiliki daya tahan cukup baik dan juga harganya cukup terjangkau. Anda juga bisa memilih berbagai motif dan juga warna.

2. Lantai tegel

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Material penutup lantai berupa tegel banyak digunakan pada bangunan rumah di Indonesia pada masa lampau. Lantai jenis ini terbuat dari campuran pasir dan juga semen yang kental akan kesan bangunan klasik dan tradisional. Kelebihan menggunakan lantai tegel ialah akan memberikan cuaca sejuk didalam rumah meskipun cuaca diluar sedang terik.

3. Marmer

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://www.pexels.com/

Lantai dengan material marmer biasanya digunakan pada rumah-rumah mewah. Bangunan yang menggunakan lantai marmer akan menampilkan kesan berkelas dan glamour. Motif yang ditampilkan juga cukup bervariasi dan diadopsi dari alam seperti krem, abu, merah dan juga putih. Dibalik tampilannya yang elegan, lantai marmer membutuhkan perawatan ekstra agar lebih awet.

4. Terakota

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Terakota merupakan pilihan penutup lantai untuk bangunan yang mengusung konsep ala mediterania. Cara pembuatan lantai ini dengan membakar tanah liat dengan suhu rendah sehingga tampilannya berwarna orange kecoklatan. Material penutup lantai satu ini terasa nyaman ketika dipijak, namun jika tampilannya akan berubah jika telah digunakan dalam waktu lama.

Granit Sebagai Salah Satu Material Paling Mewah dan Berkelas

Dari sekian banyak pilihan jenis penutup lantai, ada salah satu material yang paling mewah dan berkelas, yaitu granit. Kualitas granit memang sangat tinggi bahkan dapat melebihi marmer. Kebanyakan orang awam salah paham dengan istilah marmer dan granit.

Tampilan keduanya memang hampir sama namun material serta kualitasnya berbeda. Granit terbuat dari magma cair yang telah membeku, sementara marmer terbuat dari batu kapur. Kelebihan material penutup lantai dari granit jika dibanding dengan marmer ialah memiliki pori-pori lebih banyak dan perawatannya lebih mudah.

Granit dianggap memiliki ketahanan yang sangat kuat terhadap asam sehingga akan lebih awet dan tahan lama. Jika Anda menginginkan tampilan granit semakin mengkilap maka Anda bisa menggunakan finishing glossy. Selain itu ada juga tambahan berupa flame texturing sehingga lantai hunian yang menggunakan granit akan terkesan rustic dan tampil lebih mewah.

Memilih bahan material untuk lantai memang harus disesuaikan dengan konsep dari rumah agar menghasilkan kesan serasi, apalagi jika menggunakan bahan granit. Untuk pemasangan lantai granit tersebut maka Anda harus mempercayakannya kepada ahlinya. Mengingat harga material penutup lantai berupa granit tidaklah murah.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Rumah Selalu Bersih dan Higienis

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Kami di Whatsapp