Dengan Mushola dalam rumah, ibadah (semoga) lebih khusyuk.

Suasana khusyuk saat beribadah akan semakin terasa ketika tidak ada orang yang mengganggu. Karena itu, ruangan khusus untuk shalat dan mengaji di dalam rumah bisa menjadi pilihan. Khusus untuk Anda, berikut ini beberapa inspirasi desain mushola dalam rumah yang bisa diaplikasikan.

Mushola Kecil di Bawah Tangga

mushola-di-bawah-tangga
sumber: bramblefurniture

Manfaatkan area kosong di rumah Anda dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan ruang bawah tangga yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan mushola minimalis. Area bawah tangga yang biasanya sering tak terpakai bisa kamu sulap menjadi mushola yang sejuk dan nyaman di kala beribadah bersama keluarga.

Mushola di Ruangan Minimalis

mushola-ruangan-minimalis
sumber: brilio

Tidak masalah jika Anda memiliki ruangan yang berukuran sempit untuk dijadikan mushola. Justru Anda bisa menyiasatinya agar ruangan rumah bisa difungsikan secara maksimal. Pilihlah furnitur yang fungsional untuk menghadirkan nuansa minimalis. Coba juga untuk memasang jenis lantai parket yang berwarna coklat tua agar menghadirkan kesan tenang dan hangat saat beribadah.

Mushola dalam Rumah di Sudut Ruangan

mushola-sudut-ruang
sumber: fabelio

Menempatkan mushola di sudut ruangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk menjalankan ibadah sholat, baik wajib atau pun sunah, memang dibutuhkan kekhusyukan. Karena itu, mushola yang ditempatkan di sudut ruangan ini cocok untuk Anda aplikasikan. Jangan lupa juga untuk menggunakan material kayu pada desain interiornya agar menambah kesan hangat dan tenang dalam mushola.

Mushola yang Menyatu dengan Ruang Lain

mushola-menyatu-ruang
sumber: 99.co

Jika tidak ada ruangan khusus, Anda bisa memanfaatkan sebuah tempat kosong dalam ruangan lain untuk dijadikan mushola dalam rumah. Ruangan ini bisa saja dekat dengan ruang makan atau ruang berkumpul keluarga. Untuk menyimpan peralatan ibadah seperti sajadah, sarung, dan mukena, Anda bisa menyediakan sebuah lemari kecil di sana.

Mushola Minimalis

mushola-minimalis
sumber: 99.co

Mushola dalam rumah tidak lah harus luas. Karena tempat ini biasanya hanya digunakan oleh anggota keluarga atau sesekali ketika ada tamu atau keluarga yang berkunjung. Desain mushola yang sederhana dan mungil bisa ditambahkan dengan hiasan kaligrafi. Menambahkan tempat wudhu di mushala dengan hiasan tanaman hijau bisa menambahkan nuansa sejuk dan tenang.

Mushola Terbuka

mushola-terbuka
sumber: 99.co

Mushola dalam rumah tidak harus berada dalam ruangan tertutup. Ada alternatif lain, yakni Anda bisa menempatkan ruangan ibadah di bagian belakang rumah dekat dengan halaman. Dengan posisi ini, sudah dapat dipastikan mushola Anda akan selalu terasa sejuk karena angin yang bisa masuk dari segala arah. Agar kegiatan ibadah lebih nyaman, jangan lupa tambahkan karpet dan sajadah. Anda juga bisa menempatkan sebuah lemari atau kabinet gantung yang berfungsi untuk menyimpan peralatan ibadah yang telah digunakan.

Itulah beberapa inspirasi mushola dalam rumah yang bisa Anda aplikasikan. Bagaimana pun desain mushola Anda, semoga ibadah sholat dan mengaji di rumah bisa membawa keberkahan untuk keluarga Anda. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan mushola agar kegiatan ibadah menjadi lebih nyaman dan khusyuk.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Selalu Bersih dan Higienis

Jika kamu perlu jasa konstruksi untuk merenovasi rumah dan menambahkan ruang mushola, pastikan untuk menggunakan jasa kontraktor yang berpengalaman dan amanah. Dengan bantuan dari ahli konstruksi yang profesional, pekerjaan renovasi maupun pembangunan rumah Anda akan beres dengan kualitas yang baik dan Anda terbebas dari rasa khawatir.