Para Pemrakarsa 4 Jenis Desain Interior & Eksterior

Kalau ngobrol tentang desain interior dan eksterior, hal-hal yang lebih banyak dicari dan dibahas adalah foto dan video inspirasi. Sekarang, kami mau ajak Teman Muis untuk belajar sejarah sedikit yuk. Siapa tahu ketika nanti ada yang bertanya mengenai siapa sosok dibalik keunikan sebuah desain, Teman Muis langsung bisa jawab tanpa basa-basi! 4 pelopor yang akan dibahas adalah Tadao Ando, Peter Behrens, Rachel Ashwell, dan Greg Natale. Keempat sosok tersebut hebat di masing-masing bidangnya. Baca artikel di bawah untuk informasi tentang 4 pelopor di 4 jenis desain yang berbeda.

Tadao Ando – Desain Minimalis

Tadao Ando adalah arsitek otodidak asal Jepang. Lahir di Osaka tahun 1941. Ciri khas dari desain Ando adalah adanya material alami seperti kaca dan beton. Jika melihat hasil desainnya, akan ada perpaduan antara dua material alami tersebut dengan pemanfaatan elemen-elemen alam yaitu cahaya alami, genangan air, dan metode ventilasi. Jenis desain minimalis yang dibuat oleh Ando sangat terlihat pada desain Hansol Museum, di Korea Selatan; Pulitzer Arts Foundation, di St. Louis; dan pada Hyogo Perfectural Museum of Art, di Jepang Selatan.

Sesuai informasi yang disediakan oleh website hunker.com, pelopor desain minimalis tidak hanya Tadao Ando. Ada juga pemrakarsa lain seperti Gerrit Rietveld, dan Ludwig Mies van der Rohe yang berkontribusi terhadai jenis desain berpengaruh ini.

Baca juga: Tips Desain Rumah Minimalis Dengan Interior Gaya Jepang

Peter Behrens – Desain Industrial

Peter Behrens lahir di Hamburg, Jerman tahun 1868, puluhan tahun sebelum Ando lahir. Selain jadi pelopor jenis desain industrial, Behrens dianggap sebagai sosok yang berpengaruh pada perkembangan arsitektur di Jerman. Tahun 1907 adalah tahun yang paling penting di sejarah karirnya. Behrens ditunjuk sebagai penasihat artistik AEG (Allgemeine Elektricitäts Gesellschaft), salah satu perusahaan manufaktur terbesar di dunia. Selama waktunya di AEG, Behrens berhasil membuat merek dagang heksagonal AEG, katalog, dan produk peralatan kantor seperti kipas angin elektrik, street lamps, toko eceran, dan sebuah pabrik.

Hasil kerja dari Peter Behrens yang sangat kuat akan aksen industrialnya adalah produk ceret, street lamps, dan jam dinding.

Rachel Ashwell – Desain Shabby Chic

Jenis desain shabby chic adalah desain yang menggunakan perabotan sedikit tua namun masih terlihat baik dan cantik untuk dipamerkan. Desain satu ini akrab dengan warna-warna pastel, tidak heran banyak kaum wanita yang suka. Pelopor shabby chic, Rachel Ashwell, lahir di Inggris tahun 1959. Ashwell lalu membuka toko perabotan rumah pertama dengan nuansa warna pastel di Santa Monica tahun 1989. Selang satu tahun, perempuan asal Inggris ini menyelenggarakan acara TV berjudul “Rachel Ashwell’s Shabby Chic.” di E! dan Style Network. Mungkin, dari titik itulah nama Rachel sering disangkutpautkan dengan nama jenis desain “shabby chic” selama kurang lebih 20 tahun, menurut Huffington Post.

Menurut hasil pengamatan yang penulis lakukan, produk khas dari shabby chic adalah bedding dengan gambar bunga, sandal tidur berbahan bulu, keramik dengan akses feminin, dan chandelier putih keemasan. Teman Muis bisa jalan-jalan sendiri ke website Rachel Ashwell di sini ya.

Greg Natale – Desain Modern

Pemrakarsa desain kali ini tempat lahirnya dekat dengan Indonesia lho! Greg Natale lahir di Sydney Australia, saat ini berusia 46 tahun. Special Broadcasting Service (SBS) sebagai jaringan televisi dan radio dari Australia, melabeli Natale sebagai a pioneer in modern interior design atau pelopor dalam desain interior modern. Di meta description website pribadinya, Greg menyatakan bahwa spesialisasinya memang desain mewah indoor dan outdoor.

Definisi modern desain yang berarti sering menggunakan bahan-bahan seperti chrome, beton, dan kaca untuk menciptakan fokus sentral pada seni rupanya sesuai dengan berbagai proyek modern mewah yang dilakukan oleh Natale. Anda bisa mengakses galeri foto proyeknya di sini.

Baca juga: 3 Inspirasi Desain Interior Unik untuk Rumah Mungil

Sampai sini dulu ya edisi sejarahnya. Semoga pengetahuan Teman Muis meningkat.

Salam dari kami.