Jenis Partisi Ruang Kantor yang Paling Modern dan Nyaman

0 Comments

Partisi ruang kantor keberadaannya memanglah sangat penting. Bayangkan saja jika sebuah kantor tidak memiliki partisi atau penyekat maka kinerja para karyawan tidak akan berjalan dengan lancar dan efektif. Terlebih pada kantor besar yang memiliki ukuran ruangan kerja luas serta ditempati oleh banyak pegawai atau karyawan.

Maka memberikan penyekat atau partisi harus dilakukan. Partisi tersebut akan berfungsi sebagai pembatasan fungsi ruangan sekaligus melindungi privasi karyawan itu sendiri. Membuat partisi juga dinilai lebih efisien jika dibanding membuat tembok dari bata atau hebel permanen. Karena dana yang dibutuhkan akan jauh lebih ekonomis.

Saat ini sudah ditemukan banyak sekali jenis partisi yang bisa digunakan oleh kantor atau instansi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan ataupun konsep kantor yang Anda usung. Hendaknya menyesuaikan dengan luas ruangan agar dapat memberikan kenyamanan pada setiap karyawan kantor ketika sedang bekerja.

Jenis-Jenis Partisi Ruang Kantor

Partisi kantor terdiri dari beberapa jenis, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kantor. Jenis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Partisi bilik

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Jenis partisi bilik merupakan jenis penyekat yang paling umum digunakan pada gedung perkantoran di Indonesia. Biasanya model partisi ini digunakan untuk menyekat ruangan hingga empat bilik untuk meja karyawan agar dapat menutupi jarak diantara mereka. Jenis partisi ini cukup direkomendasikan karena selain tetap nyaman untuk digunakan juga bisa menjaga privasi penggunanya.

2. Partisi portable

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Partisi portable memiliki konsep minimalis, praktis dan juga ekonomis. Pasalnya partisi ruang kantor satu ini tidak memiliki penyekat bilik yang cukup tinggi akan tetapi hanya ada pembatas sekitar satu jengkal saja. Partisi portable memang tepat digunakan oleh perkantoran yang belum memiliki gedung tetap dan bersifat nomaden atau sering pindah.

3. Partisi akordeon

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Partisi akordeon memiliki bentuk menyerupai bilik dengan komposisi duduk hampir sama dengan meja rapat. Kemudian terdapat sekat yang cukup tinggi pada kedua sisinya, sementara pada ruang dibagian sebelahnya tidak terdapat sekat karena sudah tertutup dari sekat sebelumnya. Partisi akordeon memiliki kelebihan dapat dibuka ataupun ditutup sehingga karyawan bisa berkomunikasi dengan mudah.

4. Partisi kaca

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Partisi berupa kaca yang digunakan pada perusahaan biasanya hanya digunakan pada ruangan tertentu saja. Ruangan yang menggunakan partisi ini seperti ruangan atasan, manajer, kepala divisi atau lainnya. Menggunakan partisi ruang kantor berupa kaca maka dapat meredam bunyi bising yang berasal dari luar ruangan dan mampu memberikan privasi secara penuh.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Partisi Kantor

Ada beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum Anda menentukan jenis partisi kantor paling tepat. Sebelum Anda memasang partisi ruangan maka ketahui terlebih dahulu luas ruangan kantor yang akan dipasang partisi. Tentukan secara tepat berapa ukuran setiap meja kerja karyawan.

Usahakan jangan terlalu sempit agar tidak mengganggu kenyamanan. Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan tingkat fleksibilitas partisi yang akan digunakan. Jika kantor tersebut sudah memiliki gedung tetap permanen maka jenis partisi bilik atau akordeon memang tepat untuk dipilih.

Akan tetapi jika kantor masih tidak menetap dan akan kemungkinan akan berpindah-pindah maka pilihlah partisi portable. Selain hal itu, jangan lupa untuk meninjau kembali alokasi dana yang disediakan untuk membuat partisi. Karena selain biaya pemasangan, nantinya Anda juga harus menyiapkan dana untuk membeli aksesoris berupa laci, rak dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan mengetahui alokasi dana maka Anda bisa sekaligus menyesuaikan dengan pemilihan bahan yang akan digunakan. Penggunaan partisi ini sangat penting untuk menunjang kinerja dari karyawan kantor. Perhatikan dengan baik pilihan tepat untuk membuat partisi ruang kantor.

Baca Juga: Layanan Jasa Kontraktor dan Perbedaannya dengan Pemborong

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Kami di Whatsapp