Atap baja ringan merupakan salah satu resolusi terbaru dalam bidang konstruksi. Jika dulu banyak orang membangun rumah dengan menggunakan kayu sebagai atapnya, kini mereka mulai beralih dengan menggunakan baja ringan. Baja ringan dalam pemasangannya akan memanfaatkan rangka baja dan sudah tidak lagi membutuhkan rangka kayu.

Bagian atap rumah menjadi salah satu bagian yang berfungsi sebagai pelindung karena atap tersebut menjadi bagian pertama yang akan terkena hujan maupun panas. Oleh sebab itu, pada saat membangun rumah maka Anda harus menyiapkan bagian atap dengan semaksimal mungkin agar mampu memberikan perlindungan menyeluruh.

Jika bagian atap rumah sangat rapuh maka besar kemungkinan pada saat hujan deras, atap mudah bocor sehingga air akan masuk ke dalam bagian dalam rumah. Jika bangunan tersebut sudah dilengkapi dengan plafon maka besar kemungkinan plafon akan menjadi rusak akibat terkena aliran air hujan yang masuk.

Kelebihan Menggunakan Atap Baja Ringan

Menggunakan baja ringan sebagai rangka atap memiliki beragam kelebihan yang sangat menguntungkan untuk Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Pemasangan sangat mudah efisien

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Baja ringan sangat mudah sekali untuk dipasang pada bangunan. Mengingat material ini memiliki berat sangat ringan jika dibanding dengan kayu. Selain itu, sistem sambung pada baja ringan juga bisa dengan mudah dilakukan karena tidak terlalu rumit.

Pemasangan baja ringan ini tidak akan memakan waktu lama jika dikerjakan oleh orang-orang yang profesional. Anda bisa mempertimbangkan kemudahan pemasangan dan juga biaya yang terjangkau jika menggunakan jenis material ini.

2. Dapat dibentuk mengikuti model atap

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Menggunakan atap baja ringan berarti Anda bisa mendesain berbagai jenis model atap. Karena baja ringan ini akan menyesuaikan dengan pembebanan yang akan ditumpukan pada bagian rangka atap.

Jika Anda ingin mengokohkan bagian atap secara maksimal maka Anda bisa merapatkan jarak pemasangannya dengan membuatkannya semakin rapat. Untuk jarak maksimal peregangan atap dari baja ringan ini ialah sebesar 150 cm.

3. Dilengkapi dengan fitur anti karat

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Memilih baja ringan sebagai atap maka Anda akan mendapatkan jaminan terbebas dari rayap. Baja ringan tersebut terbuat dari material logam yang memiliki kemampuan anti karat. Sehingga meskipun digunakan dalam jangka waktu lama, baja ringan tersebut akan tetap tampil cantik tanpa karat dan tidak akan keropos meskipun tanpa perawatan.

4. Memiliki ketahanan jangka panjang

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pengguna atap baja ringan ialah, baja ringan ini memiliki tingkat ketahanan dalam jangka waktu lama. Materialnya yang terbuat dari logam membuatnya tidak akan lapuk dan menyusut meskipun terjadi perubahan cuaca ekstrem. Bahkan jika menggunakan baja ringan kualitas terbaik maka Anda bisa menggunakannya secara permanen.

Baja Ringan Ramah Lingkungan dan Bisa Didaur Ulang

Menggunakan rangka atap baja ringan berarti Anda telah turut berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan. Karena penggunaan kayu bisa dikurangi sehingga tidak perlu menebang pepohonan yang ada dihutan. Selain itu, baja ringan ini dapat didaur ulang jika Anda membongkarnya. Baja ringan masih bisa dimanfaatkan menjadi konstruksi bangunan lain.

Karena baja ringan tersebut bisa disambung kembali dengan memanfaatkan baut, mur, ataupun dengan mengelasnya. Jika rangka baja ringan sudah terpasang maka Anda tetap bisa menggunakan berbagai jenis genteng yang Anda minati seperti genteng keramik, kaca, asbes ataupun genteng beton.

Baja ringan memang sangat efektif dan efisien dalam penggunaannya, sehingga tidak heran jika kini sudah banyak dilirik oleh masyarakat yang akan membangun rumah. Untuk besaran biaya pemasangan atap baja ringan juga relative lebih hemat jika dibanding dengan kayu.

Baca Juga: Konstruksi Rumah Tahan Gempa, Hunian Nyaman Jangka Lama