Layanan Jasa Kontraktor dan Perbedaannya dengan Pemborong

0 Comments

Layanan jasa kontraktor merupakan layanan yang akan Anda butuhkan ketika masa pembangunan rumah berlangsung. Kontraktor rumah adalah pihak yang melakukan pekerjaan terhadap calon hunian Anda. Dengan jasa yang tersedia, Anda tinggal memeriksa hasilnya tanpa perlu ikut turun meninjau pekerjaan setiap waktu.

Membangun rumah bukan perkara mudah karena Anda nantinya bangunan ini akan digunakan sebagai hunian permanen dari masa ke masa. Anda bisa saja tidak menggunakan pekerjaan para kontraktor, namun kualitas bangunan belum tentu mendapatkan yang terbaik dan bisa tahan lama.

Terlebih jika Anda menggunakan jasa kontraktor yang sudah memiliki lisensi, bukan hanya kualitas pekerjaan yang didapatkan namun juga garansi pekerjaan. Hal yang sama tidak akan Anda dapatkan jika memilih menggunakan jasa tukang bangunan dengan pertimbangan harga murah agar hemat biaya.

Alih-alih hemat biaya, Anda malah akan dikenakan tambahan biaya lebih banyak jika pengerjaan tidak maksimal. Anda juga sudah pasti tidak akan mendapat garansi karena tukang bangunan tersebut lepasan. Target juga menjadi tidak jelas, bisa saja molor dari rencana karena tidak ada hitam di atas putih.

Apa Itu Jasa Kontraktor?

Dengan memahami tanggung jawab jasa dari kontraktor, Anda bisa lebih yakin untuk menjalankan peran sebagai pemilik rumah. Kontraktor itu bisa bekerja atas dua cara, pertama karena memang penunjukan langsung dan yang kedua pekerjaan didapatkan melalui lelang untuk pembangunan proyek.

Beberapa layanan yang dilakukan kontraktor adalah desain rumah, penyediaan material untuk membangun hunian, dan kontraktor bisa berperan sebagai pihak yang memodifikasi ulang bangunan. Itu sebabnya, kontraktor tidak hanya dimanfaatkan untuk pembangunan rumah, namun juga gedung.

Kontraktor ada banyak jenisnya, ada yang bertugas sebagai kontraktor sipil, kontraktor arsitektural, kontraktor mekanikal, dan kontraktor elektrikal. Ada juga kontraktor tata lingkungan, tugasnya melihat apakah lingkungan rumah yang akan dibangun memiliki sistem pembuangan limbah yang baik atau tidak.

Untuk hubungannya dengan rumah maka jasa kontraktor yang dimaksud adalah kontraktor arsitektural karena tugasnya membuat bangunan. Sementara kontraktor lainnya bertugas untuk kenyamanan lingkungan, pembangunan area publik, instalasi alat elektronik, dan instalasi listrik.

Perbedaan Jasa Kontraktor dan Pemborong

Tidak sedikit orang kerap menganggap sama antara kontraktor dengan pemborong, padahal kedua istilah tersebut mendatangkan makna yang berbeda. Apa saja perbedaan kedua profesi tersebut? Berikut perbedaan ruang lingkup serta sistem pembayaran yang bisa Anda cari tahu:

1. Kontraktor

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Kontraktor merupakan profesi yang biasanya mengambil proyek besar dari perusahaan, seperti membangun gedung dan jalan. Manajemen pekerjaan jasa kontraktor akan membutuhkan beberapa waktu untuk diskusi soal pembangunan dengan klien. Hal ini termasuk untuk pembangunan rumah.

Sistem pembayaran kontraktor ada dua, yakni termin dan cost and fee. Untuk pembayaran termin, artinya bertahap. Jadi, di awal Anda memberikan uang muka sebesar kesepakatan, kemudian sebagiannya lagi dibayarkan ketika pekerjaan selesai setengah dari target, dan baru dilunasi saat pekerjaan selesai.

2. Pemborong

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Lain dengan kontraktor, sistem pembayaran pemborong itu ada yang harian dan ada juga yang borongan. Untuk pembayaran harian, definisinya sudah jelas. Kemudian untuk pembayaran borongan, Anda sudah menyediakan materialnya dan nanti pemborong akan negosiasi upah kerja.

Pada dasarnya pemilihan antara menggunakan kontraktor atau pemborong kembali ke  kebutuhan masing-masing. Jika memang menggunakan pemborong dianggap lebih hemat, kenapa tidak hal tersebut dilakukan. Namun, jika memang ingin mendapatkan garansi dari pekerjaan yang dilakukan, bisa memanfaatkan jasa kontraktor, dengan catatan memilih jasa berlisensi.

Baca Juga: Persiapan Penting Sebelum Membangun Rumah

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Kami di Whatsapp