Cara Membuat Rumah Impian Bagi Kamu Keluarga Muda nan Mapan.

Memiliki rumah adalah impian hampir setiap orang. Di tengah banyaknya perumahan dan apartemen yang menawarkan berbagai fasilitas yang baik, bagi sebagian orang, membangun rumah dari nol akan membawa kebanggaan tersendiri. Cara membuat rumah mulai desain, pengerjaan, hingga finishing bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan sendiri. Desain rumah tentunya akan terasa unik karena tidak akan terlalu sama dengan desain rumah-rumah lain di sekitar. Dalam hal pengerjaannya pun, kamu bisa terjun langsung dan bekerja sama dengan kontraktor. Dan ketika rumah sudah selesai, hmm, kamu akan puas memandang eksterior dan akan nyaman menempati interior rumahmu.

Saat merencanakan pembangunan rumah kamu pasti punya banyak pertanyaan: Bagaimana sih tahapan dan cara membuat rumah itu? Apakah ribet? Desainnya bagaimana? Bahan material apa yang harus digunakan? Berapa lama pengerjaannya? Butuh berapa banyak tukang supaya rumahnya bisa jadi tepat waktu? Apakah kontraktor dan tukangnya bisa dipercaya? Banyak juga ya pertanyaannya. Tapi kamu bisa dan harus tetap tenang.

Di bawah ini adalah beberapa poin yang harus kamu perhatikan saat membangun rumah. Kami asumsikan kamu sudah punya lokasi ya. Atau paling tidak, kamu sudah menempati rumah namun ingin merenovasinya secara total agar sesuai dengan desain rumah yang kamu impikan.

1. Siapkan Dana

cara-membuat-rumah
sumber: pexels

Ketika berencana membangun rumah, pastikan kamu menyiapkan dana yang khusus dianggarkan untuk pembangunan rumah. Hal ini untuk memastikan agar rumah impian kamu selesai sesuai dengan waktu dan desain yang diharapkan. Selain itu, setidaknya kamu harus menyiapkan dana cadangan sebesar 10% dari total dana yang akan kamu gunakan. Dana cadangan ini akan sangat berguna untuk mengantisipasi kenaikan harga-harga material seiring perubahan waktu.

2. Cari Referensi Model Rumah yang Sesuai Kebutuhan & Karaktermu

cara-membuat-rumah
sumber: pexels

Rumah impian adalah hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu sekeluarga. Memang ada banyak referensi model rumah yang menarik, namun karakter kamu dan keluarga harus ada di bagian eksterior dan interior rumah. Bentuk atau layout bangunan dan ruangan-ruangan yang ada di dalamnya harus dirancang sesuai dengan fungsinya. Kamu gak mau kan karena salah model rumah anak kesayangan kamu tidak punya tempat bermain?

3. Riset Mengenai Bahan dan Material Sesuai Model yang Diinginkan

membuat-rumah
sumber: pixabay

Memilih bahan material yang tepat akan menentukan keawetan dan kenyamanan rumahmu. Kamu bisa pilih material yang berbahan alami seperti batu bata, semen, kayu, bambu, baja, keramik, dan sebagainya. Jika kamu merenovasi total rumah, material lama bisa didaur ulang dan menjadi bahan untuk membuat rumah. Mengenai penentuan bahan material bangunan ini bisa kamu diskusikan dengan kontraktor nantinya. Namun tidak ada salahnya kamu melakukan riset terlebih dahulu agar kamu punya gambaran mengenai jenis bahan material dan tentunya harganya.

4. Mencari Jasa Kontraktor yang Profesional

pekerjaan-konstruksi
sumber: pixabay

Bagian terpenting dalam mewujudkan rumah impianmu adalah mencari jasa kontraktor. Kontraktor yang bagus biasanya memiliki keahlian yang komprehensif, yaitu mulai dari menyediakan jasa arsitek, jasa konstruksi, hingga membantu memberikan arahan dalam penyusunan izin. Kamu harus selektif dalam memilih kontraktor. Pastikan jasa kontraktor yang kamu pilih adalah kontraktor terpercaya dengan rekam jejak yang profesional. Jangan lupa juga untuk membuat kontrak tertulis yang jelas dan detail mengenai deskripsi pekerjaan, waktu, biaya, tahapan pembayaran dan penggunaan material.

Ketika kamu sudah menjatuhkan pilihan pada kontraktor yang profesional, mintalah untuk dilakukan survei. Saat proses ini, sampaikan seluruh detail keinginan kamu agar kontraktor dapat menganalisisnya dengan tepat. Jika kamu sudah memiliki desain rumah dari arsitek tertentu, komunikasikan pada kontraktor. Namun jika kamu belum memiliki gambar desain rumah, beberapa jasa kontraktor biasanya menyediakan jasa desain gambar.

Mengenai pembayaran, pastikan kamu bisa melakukan pembayaran secara bertahap. Diskusikan dan sepakati dengan kontraktor berapa kali kamu dapat melakukan pembayaran. Dengan melakukan pembayaran secara bertahap, kamu dapat menjaga dana kamu saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

5. Selama Pengerjaan, Terus Berkomunikasi dengan Kontraktor

komunikasi-jasa-konstruksi
sumber: pixabay

Setelah kontraktor memulai pengerjaannya, hal penting lain yang harus kamu lakukan adalah pengawasan. Kamu harus pastikan kontraktor bekerja sesuai kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Mintakan update progres pekerjaan pada kontraktor. Di era canggih seperti ini, kamu bisa buat whatsapp group agar semua progres pengerjaan bisa dilaporkan dengan baik. Berkomunikasilah secara baik dengan kontraktor. Jika ada kendala saat proses pengerjaan, pahamilah setiap permasalahannya, komunikasikan bersama kontraktor, dan selesaikan dengan kepala dingin. Jika kamu menggunakan jasa kontraktor yang profesional, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Kamu hanya tinggal percayakan pembangunan rumahmu pada kontraktor tersebut.

Itulah cara membuat rumah yang harus kamu perhatikan. Bagaimana? Cara membuat rumah di atas tidak terlalu memusingkan bukan? Mulailah setiap tahapan dengan doa. Persiapkan segalanya dengan matang, dan percayakan pengerjaannya pada kontraktor yang ahli. Dengan begitu, rumah impian yang kamu dambakan bisa segera jadi kenyataan.