Butuh persiapan yang matang dalam mewujudkan rencana membangunan rumah. Maka, Anda perlu tahu hal-hal penting sebelum membangun rumah agar menjadi pedoman saat Anda merencanakannya.

Apa saja yang harus disiapkan sebelum membangun rumah?

Persiapan membangun rumah bersifat sistematis atau berurutan. Setiap urutan atau tahapan persiapan harus dilaksanakan dengan baik sebelum lanjut ke tahap berikutnya. Karena, untuk menjamin sebuah proses membangun rumah yang baik, rapi, sesuai harapan serta seminimal mungkin menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berikut ini tahapan-tahapan persiapan yang harus dijalani oleh pemilik proyek, sebagai berikut:

1. Sediakan biaya

budget bangun rumah
www.washingtonpost.com

Sudah pasti kita membutuhkan uang untuk membangun rumah, karena tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Dana tersebut tentunya harus sesuai dengan rumah yang kelak nanti menjadi “harapan anda”. Apabila dana yang dimiliki lumayan besar tentu anda boleh berharap akan sebuah rumah yang ideal dari berbagai aspek, seperti rumah yang luas, rumah yang megah dan menggunakan material kelas premium.

Tetapi, apabila dana yang dimiliki tidak terlalu besar atau seadanya maka anda jangan berharap terlalu muluk. Anda harus lebih bijaksana dalam mengelola dana tersebut dalam membelanjakan untuk membangun rumah yang lebih sederhana dan lebih mengutamakan aspek fungsionalnya daripada aspek-aspek yang lain.

2. Mempersiapkan Gambar Rencana Membangun Rumah

design membangun rumah
www.shutterstock.com

Setelah memiliki dana yang cukup, maka anda harus menyiapkan sebuah gambar rencana.

Gambar rencana sebuah bangunan harus dikerjakan oleh seorang ahli di bidang design dan gambar bangunan yaitu oleh seorang arsitek.

Mengapa sangat disarankan menggunakan jasa arsitek untuk membuat gambar rencana rumah anda? Karena merencanakan sebuah bangunan merupakan sebuah bidang keilmuan yang cukup kompleks dan dipelajari di tingkat perguruan tinggi. Selain faktor estetika ada juga faktor teknis dan faktor keamanan bangunan yang memang hanya diketahui oleh ahlinya.

Sisihkan dari dana yang anda miliki untuk membayar jasa arsitek, kurang lebih antara 5% dari biaya membangun. Tetapi, anda dijamin mendapatkan sebuah design dan rancangan bangunan yang baik, memiliki tampilan dan tata ruang yang bagus, alur sirkulasi yang efisien, nyaman secara thermal, memiliki pencahayaan yang baik, sehat, serta sesuai standar teknis dan keamanan.

Gambar rencana merupakan acuan saat membangun rumah nantinya.

Gambar tersebut akan digunakan sebagai petunjuk seperti apa wujud rumah anda kelak. Seberapa besar luas bangunan, berapa ukuran ruang-ruangnya. Di mana posisi pintu dan jendela, dimana posisi kamar, di mana posisi kamar mandi, di mana posisi dapur. Serta peletakkan utilitas air bersih, air kotor dan kelistrikan.

Gambar yang lengkap dan jelas akan membuat proses pembangunan berjalan lancar, cepat dan sesuai rencana karena pelaksana pembangunan memiliki acuan yang jelas mengenai rumah yang sedang dibangun. Gambar yang lengkap juga mengurangi kesalahan dan permasalahan saat membangun, menghindari bongkar pasang dan menghindari pembengkakan biaya akibat kesalahan-kesalahan yang tidak perlu di lapangan.

3. Memilih kontraktor pelaksana pembangunan dan mendapatkan penawaran harga membangun dari kontraktor

pilih kontraktor rumah
www.unsplash.com

Apabila ke dua tahapan di atas telah terlewati selanjutnya anda dapat mulai memilih kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan. Selain merancang, mendesign dan menggambar rumah, membangun rumah juga merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh ahli di bidang konstruksi.

Membangun rumah menyangkut beberapa aspek penting yang hanya dikuasai oleh ahli bangunan seperti, pemahaman tentang metode membangun yang benar dan effisien.

  1. Pemahaman tentang management konstruksi
  2. Pemahaman tentang bagaimana membaca gambar arsitek dan menerapkannya dalam pekerjaan pembangunan.
  3. Memiliki pemahaman tentang keamanan bangunan.
  4. Kemampuan berkoordinasi dengan pihak-pihak lain seperti suplier bahan bangunan, mandor dan pekerja, subkontraktor.
  5. Mampu bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik dengan anda sebagai owner serta dengan arsitek selaku perencana.

Anda dapat memberikan gambar rancangan arsitek kepada kontraktor pilihan anda untuk dihitung biayanya dan mendapatkan penawaran biaya membangun dari kontraktor tersebut.

Apabila harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan budget yang anda miliki maka dapat dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja dan proyek pembangunan dapat segera dimulai.

Tetapi, apabila harga yang ditawarkan oleh kontraktor masih belum sesuai dengan budget yang anda miliki, anda tidak perlu berkecil hati dan anda juga jangan langsung memvonis kontraktor anda kemahalan atau tidak cocok dengan anda.

Semua itu masih memiliki peluang untuk disesuaikan melalui proses negosiasi. Misalnya, dengan menurunkan grade spesifikasi material bahan bangunan yang digunakan. Tetapi, dengan kualitas yang masih cukup layak atau anda dapat menyampikan langsung permohonan diskon khusus agar harga setidaknya dapat mendekati budget yang anda miliki.

https://medium.com/@wulan.ernawaty/5-hal-penting-dalam-menentukan-jasa-konstruksi-profesional-di-jakarta-e0c9c5373df9