Kanopi modern kini tengah menjadi favorit masyarakat, pasalnya penemuan dalam bidang arsitektur satu ini akan membuat hunian Anda semakin terlihat cantik dan tampil mengagumkan. Jika dulu kanopi hanya digunakan sebagai tempat berteduh dipinggir jalan, kini kanopi telah digunakan untuk menambah nilai estetis pada bangunan rumah maupun gedung.

Pemasangan kanopi sangat mudah untuk dipasang dan bersifat fleksibel karena dapat dipasang di bagian manapun, baik didepan, belakang, ataupun samping rumah. Selain itu kanopi tersebut sesuai dipasang untuk garasi, area bermain, dapur, tempat jemuran baju, hingga gudang. Kanopi pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan genteng.

Biasanya posisinya menempel dengan tembok kemudian diberi tiang penyangga ataupun bisa juga digantung pada teras sebagai pengganti atap permanen. Untuk pemasangan kanopi maka Anda bisa menentukan sendiri model serta jenisnya. Anda dapat menyesuaikannya dengan selera serta budget yang telah Anda anggarkan.

Jenis-Jenis Kanopi Modern Paling Awet

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk memasang kanopi dirumah Anda, maka Anda bisa mengetahui jenis-jenisnya yaitu sebagai berikut:

1. Kanopi Membrane

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Kanopi membrane cukup banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi. Ciri menonjol dari kanopi jenis ini ialah menggunakan kain dengan nama membrane dengan karakteristik sangat kuat. Kanopi jenis ini memiliki ketahanan terhadap sinar matahari yang bersifat merusak. Selain itu juga tahan terhadap berbagai macam zat kimia.

2. Kanopi kain modern

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Kanopi kain modern harganya cenderung lebih terjangkau. Meskipun begitu kualitasnya sudah cukup baik. Kanopi ini tersedia dalam berbagai pilihan warna serta ukuran sehingga sangat sesuai untuk dipasang pada cafe, hotel, pertokoan, ataupun untuk bangunan rumah. Jenis kain yang digunakan pada kanopi modern ini seperti kain kanvas, acrylic, polyster dan juga katun.

3. Kanopi alderon

Jasa-Kontraktor
Sumber: google.com

Kanopi alderon merupakan salah satu jenis kanopi paling unik. Bahan atapnya terbuat dari kain PVC dengan permukaan yang bergelombang sehingga tampilannya menjadi semakin menarik. Kanopi alderon mampu memberikan rasa teduh sangat tinggi bahkan tidak akan tembus sinar matahari. Kelebihan kanopi ini ialah memiliki ketahanan terhadap korosi dan juga sinar ultraviolet sehingga sangat awet.

4. Kanopi polycarbononate

Jasa-Kontraktor
Sumber: kangaroof.com

Kanopi polycarbonate mampu meredam panas dari sinar matahari hingga 90%. Sehingga area yang berada dibawahnya akan terasa sejuk dan teduh. Kanopi ini memiliki tingkat keawetan sangat tinggi dan juga fleksibel sehingga.

Oleh sebab itu sangat pas jika ingin digunakan dalam jangka waktu lama. Kanopi modern satu ini memiliki banyak varian yang bisa disesuaikan dengan desain bangunan rumah Anda. Sesuaikan dahulu dengan material rumah jika ingin menggunakan kanopi ini agar tercipta tampilan yang harmonis.

Tips Memilih Jenis Kanopi yang Paling Tepat

Apabila Anda dalam waktu dekat ini hendak memasang kanopi pada hunian Anda maka ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Sehingga Anda bisa mendapatkan kanopi paling tepat dan berkualitas untuk menjamin tingkat keawetannya. Anda perlu memilih jasa pemasangan Kanopi modern yang memiliki jam terbang tinggi.

Dengan begitu pengalamannya sudah terjamin dan hasil kerjanya memuaskan. Selain itu, pilihlah kerangka yang awet dan permanen agar Anda tidak perlu menggantinya secara berulang. Pilihan rangka baja ringan biasanya menjadi rekomendasi karena terbukti kuat dan awet. Dalam menentukan atapnya, maka pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan lokasi pemasangan kanopi tersebut agar bisa menyesuaikan ukuran serta bahan yang akan dipilih. Dengan begitu bangunan Anda tidak hanya akan terasa sejuk dan teduh namun juga terlihat semakin menarik dengan menggunakan kanopi modern.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Atap Baja Ringan untuk Bangunan