Pondasi Rumah yang Kokoh
Sumber : http://wordpress.com

Apa jadinya jika pondasi rumah yang kita huni tidak kokoh, pondasi yang tidak kokoh atau tidak kuat akan membuat rumah kita rentan runtuh, tentunya kita tidak ingin mengalami hal tersebut karena bisa mengancam keselamatan kita.

Sayangnya belakangan ini masih terdapat kontraktor nakal yang tidak memperdulikan standar yang ada, hal tersebut mereka lakukan untuk memangkas biaya dan semata – mata hanya untuk meraup keuntungan, padahal hal tersebut bisa mengancam keselamatan penghuni rumah, oleh karenanya kita harus memilih kontraktor yang berkualitas, apalagi jika kita masih awam akan konstruksi karena bisa saja kita di bodoh – bodohi !

Ciri-ciri Pondasi Rumah yang Tidak Kokoh

Ciri-ciri Pondasi Bagus
Sumber : http://wordpress.com

Sebagai pemilik rumah kita bisa mengetahui ciri – ciri pondasi rumah yang tidak kokoh, hal – hal tersebut ada sebagai berikut :

1. Tidak Dapat Menahan Beban

Pondasi-Rumah
Sumber : http://wordpress.com

Pondasi yang tidak dapat menahan beban rumah berpotensi untuk runtuh. Pondasi yang dibangun dengan cara yang benar membuat rumah menjadi kokoh dan dapat mengantisipasi hal – hal seperti penurunan, keretakan, atau kerobohan. Ada beban – beban yang harus dipikul oleh pondasi, antara lain :

  • Beban Konstruksi
  • Beban Angin
  • Beban Gempa
  • dll

2. Menggunakan Bahan Bangunan yang Tidak Bagus

bahan bangunan

Menggunakan bahan bangunan yang tidak bagus atau bahkan tidak tepat dapat berpotensi menciptakan hal – hal yang tidak diinginkan, menggunakan bahan bangunan berkualitas bagus bisa membuat rumah dan bangunan menjadi kokoh dan tahan lama, selain itu rumah pun bisa digunakan dalam waktu yang lama.

3. Tidak Tahan Terhadap Organisme

Dalam membangun rumah, terkadang penggunaan bahan kimia pun dilakukan. Selain itu, jika rumah di bangun dengan cara yang tidak baik maka muncul potensi untuk rumah tersebut di datangi organisme yang dapat merusak bangunan.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor bila rumah tidak memiliki pondasi yang kokoh. Penggunaan bahan kimia dalam pengerjaan pun bisa mempengaruhi bangunan.

Hal – hal diatas merupakan beberapa ciri – ciri yang menandakan rumah tidak kokoh, dan bisa menjelaskan kepada kita betapa pentingnya bangunan yang memiliki pondasi yang kokoh.