Tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-ukuran-bangunan
http://dekoruma.com

Rumah adalah merupakan suatu kebutuhan primer atau dasar dalam setiap kehidupan manusia. namun juga terdapat perbedaan-perbedaan yang mendasar dimana salah satunya yaitu langkah atau cara memilih tipenya itu sendiri.

Ukuran 21

Tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-ukuran-bangunan-2
www.rumah.com

Berdasarkan ukurannya tipe rumah 21 ini adalah termasuk yang paling kecil disebabkan karena luas bangunannya itu sendiri hanya teridiri 21 meter persegi. Dimensi untuk tipe rumah 21 umumnya 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, dan 6 x 3,5 meter. Untuk tipe ini, harganya di Indonesia yang umumnya berkisar antara Rp 80 juta – Rp 300 juta. 

Keunggulan dari tipenya itu sendiri adalah karena sangat idela untuk ditinggali satu orang saja atau sebuah keluarga inti yang belum atau sudah memiliki 1-2 anak. Tak dapat dipungkiri bahwa rumah kecil type 21 adalah pilihan rumah yang paling terjangkau saat ini.

Ukuran 36

Tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-ukuran-bangunan-3
https://www.arsitag.com/

Dilihat dari Ukuruannya jenis 36 ini terlihat lebih luas daripada ukuran 21 dan biasanya sangat pas untuk keluarga kecil yang baru menikah. jenis ini biasanya dilengkapi 1 hingga 2 kamar tidur dengan dimensi 6 x 6 meter, 9 x 4 meter dan sebagainya. Umumnya, harga rumah dibanderol sekitar Rp 120 juta – Rp 400 juta.

Keunggulannya yaitu karena model 36 ini menjadi yang favoritkan di digemari oleh masyarakat adalah karena memiliki model yang menarik dan elegan, dan cocok untuk keluarga baru yang tidak begitu besar.

Ukuran 45

Tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-ukuran-bangunan-4
https://www.arsitag.com/

Salah satu juga yang paling banyak dicari oleh orang Indonesia adalah ukuran 45, dikarenakan ukurannya yang memang cukup luas dan harganya cukup terjangkau. Dimensi standar untuk rumah ini yakni 6 x 7,5 meter akan tetapi juga masih sangat ideal bila dibangun pada lahan dengan luas kurang dari 1 are atau 100 meter persegi. dengan harga jual umumnya Rp 150 juta – Rp 500 juta.

Keunggulannya adalah karena rumah ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bergaya hidup minimalis dengan rutinitas yang cukup padat dengan tidak mempertimbangkan harga lahan itu sendiri maka kita bisa mendapatkan rumah dengan harga yang relatif lebih murah, terutama jika menerapkan finishing standar. misalnya, lantai dengan keramik 30 x 30cm, finishing cat, sanitary setara TOTO dll. dan jika mengacu pada harga rumah per meter persegi sebesar 2.5 juta per meter persegi , maka harganya pun minimal Rp. 115 Juta rupiah belum termasuk lahan.

Ukuran 54

Tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-ukuran-bangunan-5
https://www.arsitur.com/

       Rumah dengan tipe 54 adalah yang biasanya dihuni oleh masyarakat menengah ke atas. Kebanyakan dari ukuran 54 ini umumnya memiliki 3 kamar tidur dengan dimensi 9 x 6 meter dan 13,5 x 4 meter. Dengan perkiraan harga berkisar umumnya Rp 250 juta – Rp 800 juta per unit.

Keunggulannya yang berarti luas bangunannya tersebut sebesar 54 meter persegi. adapun penulisan rumah dengan ukuran ini biasanya diikuti dengan luas lahan seperti tipe 54/120 yang artinya rumah dengan luas bangunan 54 meter persegi ini dibangun di lahan sesluas 120 meter persegi. adapun rumah dengan ukuran 54 ini baik untuk ditinggali satu keluarga inti dengan 1-2 anak. biasanya rumah dengan tipe seperti ini cukup banyak dicari oleh keluarha muda atau keluarga kecil yang ingin memiliki rumah dengan budget yang murah tapi menengah.

Ukuran 60

Tipe-tipe-rumah-berdasarkan-luas-ukuran-bangunan-6
https://www.arsitag.com/

Dengan luas 60 meter persegi, dari jenis ukurannya, rumah dengan tipe ini dapat terlihat bahwa penghuninya pun bisa mengeksplorasi tiap ruangan yang tersedia.dan dari Harganya sendiri cukup bervariatif yaitu antara berkisar Rp 300 juta – Rp 900 juta.

       Dikarenakan sesuai dengan namanya, rumah dengan luas sebesar 60 meter persegi merupakan rumah yang sangat cocok dan ideal untuk dihuni untuk sebuah keluarga . Meskipun begitu, ukurannya tersebut tidak selalu pasti, sebab di beberapa kondisi, terdapat juga ukuran panjang dan lebar yang berbeda-beda. Selain 6×10 meter persegi, ukuran 8×7 meter persegi dan atau 6×12 meter persegi.

Ukuran dengan 60/120 yang berarti luas ukuran luas bangunan 60 persegi yang berada di tanah berukuran 120 meter persegi. ukuran 60 ini adalah yang paling banyak dijumpai dan umumnya terdiri dari tiga kamar, satu kamar mandi, dapur dan ruang tamu dan ruang ruang keluarga. Kita juga bisa mengatur taman kecil di bagian depan dan belakang rumah yang dapat memberikan kesan segar pada hunian.

demikian adalah contoh tipe dari jenis rumah yang berdasarkan luas ukuran bangunan. Ada baiknya kita mengetahui hal tersebut sebelum memutuskan memilih atau membangun rumah dan tentunya harus kita kondisikan sesuai kebutuhan, budget dan pertimbangan-pertimbangan lainnya seperti jumlah anggota keluara, lokasi daerah dan lainnya.

Baca juga : 15 Cara Membuat Rumah Anda Bersih Agar Terbebas Corona