Desain rumah minimalis tentu menjadi impian setiap orang. Rumah menjadi kebutuhan penting setiap manusia. Oleh sebab itu, pasti Anda menginginkan memiliki rumah senyaman mungkin bukan? Agar setiap harinya Anda bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman.

Definisi rumah yang nyaman setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang berpendapat bahwa rumah yang nyaman ialah rumah mewah dengan dua lantai. Ada juga yang mengutarakan rumah ternyaman ialah rumah sederhana atau minimalis. Saat ini trend rumah minimalis memang tengah disukai masyarakat.

Desain rumah tersebut sangat cocok untuk diterapkan pada lingkungan perkotaan dengan lahan terbatas. Sehingga, meskipun lahannya tidak terlalu besar, Anda akan tetap bisa membangun rumah dengan kesan modern. Terlebih saat ini banyak sekali inspirasi bangunan rumah dari berbagai negara lain seperti Jepang.

Tips Desain Rumah Minimalis dengan Interior ala Jepang

Jika Anda menginginkan memiliki hunian dengan konsep ala bangunan Jepang maka Anda bisa memperhatikan tips berikut ini:

1. Memberi garis horizontal

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Bangunan rumah di Jepang sangat kental dengan kesan kesederhanaan dan terlihat anggun. Oleh sebab itu sebagian besar, rumah tersebut akan menonjolkan bagian tepi. Bisa terlihat kesan rapid dan bersih serta garis tajam yang lurus membentang. Garis horizontal tersebut tidak hanya akan memberikan kesan sederhana akan tetapi juga memberikan energy tenang dan merata.

2. Pilihlah furniture dari bahan alami

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Salah satu desain rumah minimalis ialah dengan menonjolkan furniture yang digunakan. Bangunan ala Jepang biasanya akan menggunakan furniture atau produk alami sederhana. Seperti pemilihan lantai yang terbuat dari kayu juga bagian langit-langit. Bahkan rumah dengan konsep bangunan Jepang juga akan menambahkan pohon atau taman kecil dengan bebatuan pada bagian tengah dekat degan ruang tamu.

3. Gunakanlah cat dengan warna netral

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Pemilihan cat akan berkaitan langsung dengan aura yang diciptakan pada rumah. Jika Anda memilih konsep Jepang maka Anda bisa memilih cat dengan warna-warna netral yang terkesan lembut juga sederhana. Seperti warna putih, abu-abu soft, krem dan juga warna kayu. Menggunakan warna tersebut akan membuat rumah Anda semakin halus dan terkesan damai.

4. Tetap dekat dengan lantai

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://www.pexels.com/

Karakter tetap dekat dengan lantai atau membumi merupakan konsep khas Jepang. Di mana perabotan yang terdapat di dalamnya mulai sofa, meja kopi, dan juga tempat tidur sengaja didesain rendah bahkan hanya berjarak beberapa inci saja dari lantai. Dengan begitu desain rumah minimalis benar-benar tampak nyata ala bangunan Jepang.

Pentingnya Menutup Lantai dengan Tikar Tatami

Tikar tatami merupakan tikar khas Jepang yang dianggap sebagai budaya tradisional untuk rumah di Jepang. Tikar tatami selalu digunakan pada setiap rumah penduduk. Tikar tersebut terbuat dari jerami yang tersusun dengan rapi dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Jika Anda ingin benar-benar mengusung konsep desain rumah minimalis ala Jepang di rumah, maka Anda bisa menambahkan tikar ini untuk menutup lantai. Anda bisa memilih salah satu lantai untuk ditutup dengan tikar tatami, seperti lantai ruang tamu, ruang keluarga ataupun tempat bersantai.

Selain akan membuat rumah Anda memiliki kesan yang kental dengan konsep Jepang, desain tersebut juga akan menambah nilai estetika atau keindahan rumah Anda. Anda juga bisa melengkapi dengan unsur-unsur Jepang pada desain pintu atau jendela rumah yang khas.

Membangun rumah memang harus disesuaikan dengan selera seseorang. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kepuasan sekaligus rasa nyaman ketika nantinya akan menempati rumah tersebut. Jika Anda menyukai budaya Jepang maka desain rumah minimalis ala Jepang memang sangat tepat untuk Anda.

Baca Juga: Fungsi Bagian-Bagian Design Rumah yang Harus Diketahui