Pertimbangan Memilih Kontraktor Pembangunan Kantor dan Konstruksi Skala Besar Lainnya

Untuk membangun sebuah bangunan, Anda tentu membutuhkan jasa kontraktor. Biasanya untuk membangun proyek dalam skala besar, seperti pembangunan rumah, fasilitas umum, real estate, gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan akan menggunakan jasa kontraktor.

Mengapa proyek-proyek tersebut diserahkan pada kontraktor? Penjelasannya sederhana, karena kontraktor adalah suatu badan hukum. Dengan menjadinya badan hukum dan ada lisensi resmi, maka jasanya akan lebih dipercaya.

Oleh sebab itu, bekerja sama dengan kontraktor untuk pembangunan kantor merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam pembangunan kantor dan konstruksi skala besar lainnya. Namun, apakah Anda sudah cukup informasi mengenai kontraktor?

Perusahaan perlu melakukan tender untuk meyeleksi dan menetapkan calon kontraktor yang akan melaksanakan dan menyelesaikan pembangunan kantor. Selain menyeleksi kontraktor, tender juga bisa menyeleksi material bangunan yang dipakai. Dengan adanya tender, kita bisa mendapatkan kontraktor yang harganya sesuai dengan biaya kontraktor perusahaan.

Menurut undang-undang (UUJK), konstruksi adalah suatu kegiatan untuk membangun sarana ataupun prasarana yang pada pengerjaannya meliputi pembangunan gedung (building construction), instalasi mekanikal & elektrikal, dan juga pembangunan prasarana sipil (civil engineer). Jasa ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan fasilitas umum hingga kantor, oleh karena itu kegiatan ini diatur landasan hukumnya dalam UU No.18 Tahun 1999 yang mengatur Tentang Jasa Konstruksi.

Kemudian, dapat disimpulkan bahwa Pekerjaan konstruksi yaitu “keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan perencanaan dan atau pelaksanaan beserta pengawasan yang mencakup pekerjaan arsitektural, sipil, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan masing-masing beserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan.”

Penggolongan Bentuk Fisik Jasa Konstruksi

Maksud dari penggolongan bentuk fisik disini adalah jenis bangunan yang menempel/melekat dengan tanah. Apa saja jenisnya? Berikut diantaranya:

  • Rumah
  • Gedung
  • Landasan Udara
  • Jalan
  • Bendungan
  • Dermaga
  • Pelabuhan
  • Taman
  • Stasiun
  • Dan lain-lain

Persiapkan Pertanyaan Berikut Pada Calon Kontraktor

Setidaknya, berikut adalah pertanyaan mendasar yang perlu ada dalam dialog Anda dan kandidat-kandidat kontraktor yang nantinya akan bekerja sama dengan Anda:

  • Apakah mereka memiliki badan hukum yang kuat serta apakah ada jaminan keselamatan serta asuransi bagi para sub-kontraktor atau para tukang.
  • Apa yang membedakan mereka dengan kontraktor lain di wilayah Anda.
  • Estimasi budget yang diperlukan serta berapa lama waktu pengerjaan.
  • Bagaimana metode berkomunikasi yang tepat untuk diskusikan update tentang pembangunan tersebut? Tentukan jadwal meeting mingguan kah atau keduanya bersedia diskusi lewat text atau telepon setiap saat.

Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangan Memilih Kontraktor Pengerjaan Pembangunan Kantor dan Konstruksi Skala Besar Lainnya

1. Memiliki Legalitas yang Jelas.

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kontraktor yang hendak Anda gunakan jasanya. Kontraktor yang berkualitas biasanya memiliki situs website atau kantor yang bisa Anda kunjungi. Ketahui badan usaha yang mereka miliki, beserta izin usaha yang masih berlaku.

Kontraktor yang berkualitas biasanya juga menawarkan jasa konsultasi dan memiliki layanan pelanggan yang memuaskan. Dengan demikian pertanyaan dataupun keluhhan Anda bisa direspon dengan cepat.

2. Berpengalaman dengan Hasil Kerja Berkualitas.

Setelah mengetahui legalitas perusahaannya, ketahui proyek-proyek yang sudah pernah mereka kerjakan sebelumnya. Kemudian ketahui hasil kerjanya dengan langsung mengunjungi proyek yang pernah dikerjakannya. Anda bisa melihat kualitas pengerjaan kontraktor dari pemasangan lantai keramik, aplikasi cat dinding, sampai dengan pemasangan pintu dan jendela.

Jika ingin mendapat informasi lebih lengkap, Anda juga bisa bertanya kepada klien kontraktor tersebut. Semakin banyak klien yang memberi rekomendasi positif, maka semakin bagus pula kualitasnya.

3. Penawaran Harga

Untuk mengetahui harga yang pas, maka Anda perlu melakukan survei harga pasaran di kota Anda terlebih dahulu. Tidak perlu memilih kontraktor yang mahal, namun hindari juga memilih kontraktor dengan penawaran harga yang sangat murah karena khawatir akan mengorbankan kualitas atau durasi pengerjaan.

Pilihlah kontraktor dengan penawaran harga yang wajar dan disusun dalam rencana anggaran dan biaya (RAB) yang jelas. Dengan demikian Anda bisa berdiskusi dengan kontraktor mengenai rincian biaya agar bisa disesuaikan.

4. Memberikan Garansi

Kontraktor yang baik harus memberikan garansi atas hasil pekerjaannya. Tanyakan kepada kontraktor tersebut apakah mereka menyanggupi jika ada kerusakan pada bangunan, seperti kebocoran atap rumah atau talang air.

Menurut banyak contoh kasus, atap adalah hal yang paling sulit dijangkau pada pemeriksaan akhir. Tentunya memeriksa kebocoran tidak bisa dilakukan saat musim kemarau. Untuk itulah jaminan garansi sangat penting untuk disepakati bersama.

5. Buat Surat Perjanjian Kerja (SPK)

Untuk mencegah kecurangan atau kesalahpahaman, sebaiknya Anda juga membuat Surat Perjanjian Kerja (SPK). Jelaskan detail jumlah jam kerja serta tarif harga yang disepakati kedua belah pihak dalam SPK yang dibubuhi materai Rp 6.000.

SPK ini harus dibuat dua rangkap, satu untuk Anda sebagai klien, dan satu lagi untuk pihak kontraktor. Surat perjanjian ini juga mencegah proses pengerjaan yang lambat dan melewati deadline kesepakatan.

Untuk melengkapi bahan pertimbangan diatas, juga perlu diperhatikan mengenai jejak digital dari perusahaan kontraktor yang akan Anda pilih. Lihat seberapa aktif mereka mempublikasi perusahaan kontraktornya disosial media, mulai dari dokumentasi hasil pengerjaan proyek hingga konten berkualitas lainnya yang mereka hasilkan.

Kunjungi halaman resmi dari sosial media PT. Muis Dikakarya berikut; Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Youtube, Pinterest.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Kami di Whatsapp