Berikut ini adalah Tips dan Trik untuk memilih warna untuk cat rumah anda.

1. Menentukan Warna Cat Rumah Yang Sesuai Dengan  Karakter Anda

warna-cat-rumah-1
http://www.founterior.com

Desain  rumah yang bagus, tentu tidak bisa juga terlepas dari Jenis-jenis warna yang diberikan pada dinding rumah anda. dalam kata lain tentukan lah dahulu warna apa yang dapat menggambarkan atau mendeskripsikan warna cat rumah anda yang sesuai ataupun mendekati karakter dan kepribadian anda yang di dalam istilahnya choose The colours for your every mood.

Tentu saja suasana kamar tidur akan berbeda dengan suasana ruang tamu. Suasana ruang tidur akan coba didesain lebih terasa nyaman dalam meningkatkan rasa ingin untuk beristirahat.

2. Ketahuliah Dahulu Model Rumah Anda

warna-cat-rumah-2
https://cz.pinterest.com/

Salah satu langkah di dalam memilih jenis warna  itu sendiri adalah kita harus mengetahui dan mengenali tipe rumah seperti apa yang kita huni atau kita bangun saat ini. apakah itu western? modern ? atau klasik.

Tipe rumah  tersebut juga berperan sangat penting,  karena hal tersebut  nantinya juga akan berpengaruh juga pada bentuk interior, struktur dan penataan  dari masing-masing ruangan anda.

3.  Memperhatikan Pencahayaan Ruangan

warna-cat-rumah-3
http://www.blog.westelm.com

Selain interior dan cat dinding, penataan cahaya di dalam ruangan juga sangat berperan penting. Toko cat biasanya menyediakan kotak cahaya (light box) untuk menguji tingkat pencahayaan dari cat tersebut. Warna cat yang memancarkan cahaya seperti pada siang hari merupakan warna netral. Warna cat rumah yang sinarnya berpijar terang akan memberi efek hangat dan santai. Sedangkan warna cat rumah yang sinarnya tajam bak lampu neon umumnya mengeluarkan kesan dominan.

Ada baiknya kita juga harus mengetahui pengaruh hasil warna  terhadap pencahayaan yang berbeda di pagi hari, siang hari maupun malam hari. Inilah mengapa penting untuk menunggu 24 jam sebelum membuat keputusan.

4. Menyesuaikan dengan Suasana ruangan

warna-cat-rumah-4
https://unsplash.com/@rpnickson

Dilansir dari liputan 6.com bahwa, warna cat dinding bisa saja memanipulasi sebuah ruangan, menciptakan suasana tertentu, menghadirkan efek tenang, frustasi atau malah membuat Anda bahagia.

Faktanya bahwa  warna itu sendiri  dibagi menjadi 2 klarifikasi yaitu, warna hangat dan dingin. warna yang hangat akan terasa seperti ruangan terasa dekat dengan Anda, sementara warna yang dingin bergerak menjauh dengan Anda.

5. Memperhatikan Aksesoris ruangan

warna-cat-rumah-5
http://www.kukoon.com

Di dalam memilih warna cat rumah, Anda juga harus memperhatikan letak dari setiap jenis aksesoris yang ingin anda letakkan.  seperti lukisan dinding, hiasan tempel, vas bunga. coffee table dan lainnya.

Agar suasana ruangan tidak seperti terlihat berantakan dan tidak terkesan sembarangan. aksesoris -aksesoris  tersebut juga dapat menambah value ruangan. Jadi, meskipun warna cat rumah hanya warna-warna dasar seperti putih atau krem, anda dapat menambahkan aksen dengan aksesori berwarna senada atau justru berwarna terang.

6. Bereksperimen dengan Warna Dinding Putih

warna-cat-rumah-6
http://www.chickensbeesandcheese.com

Ada baiknya anda bereksperimen dengan mencoba untuk memadukan perpaduan warna dengan menyiapkan satu dinding putih. belilah cat dengan ukuran sampel dari berbagai macam warna yang anda sukai pada palet yang anda buat sebelumnya.

Hal ini berguna untuk melihat mix and match dan saturation (ingat, warna cat di katalog bisa berbeda dengan warna asli ketika ditempelkan ke tembok). seperti biasa, tunggulah sampai 24 jam sebelum anda mengambil keputusan.

Itulah beberapa ulasan yang dapat kami berika dalam membantu menentukan wanra untuk cat rumah idaman anda.

baca juga artikel lainnya yang bermanfaat dari kami