Impian untuk bangun rumah idaman bukan lagi sekadar angan-angan jika Anda mau memulainya dari sekarang. Menunggu istilah memiliki uang itu tidak akan membuat Anda bisa membangun sebuah rumah. Pasalnya, ada dan tidak adanya uang untuk rumah bergantung pada manajemen keuangan Anda.

Zaman dahulu manusia bisa hidup di goa dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun, semakin majunya zaman, manusia membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal. Sayangnya, pengaruh kapitalis membuat kebutuhan pokok setiap manusia ini menjadi mahal karena banyak hal.

Harga bangun rumah yang terus melambung membuat masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah gigit jari. Buktinya, tidak sedikit warga Indonesia yang terlantar di kolong jembatan atau di area yang tidak layak dibangun hunian karena saking tingginya harga rumah, maupun harga bangunan. Sayangnya, kendala tersebut tidak menggeser peranan rumah sebagai kebutuhan dasar. Jika menelisik mahalnya harga, memang sulit memiliki rumah. Namun, dengan manajemen yang sempurna, proses pembangunan rumah bisa direalisasikan dengan sangat efektif dan harga terjangkau.

Pertimbangan Bangun/Konstruksi Rumah

Jasa-Kontraktor
Sumber: https://unsplash.com/

Impian untuk bangun rumah bisa terwujud dengan beberapa hal konstruksi rumah yang bisa dipertimbangkan, seperti memilih bahan bangunan lokal, alih-alih harus memaksakan mengimpor bahan bangunan dari luar negeri. Kualitas negara ini juga tidak jauh berbeda, kecuali mempertimbangkan gengsi.

Mempertimbangkan membangun area rumah yang fungsional juga bisa menjadi sarana menghemat. Bukan tidak mungkin jika Anda memanfaatkan kamar sekaligus area kerja. Jika bisa menggunakan satu ruangan untuk beberapa fungsi, Anda tidak perlu menambah biaya terlalu banyak untuk mendapatkan hunian yang nyaman.

Jika menurut pada tren desain kamar mandi rumah masa kini, terlalu banyak material dan pekerjaan yang harus dilakukan di area ini. Padahal, untuk menghemat Anda bisa menghabiskan uang lebih efektif hanya untuk membangun shower atau material lain yang fungsional, namun efektif jumlahnya.

Area dinding yang tidak selesai atau tidak menggunakan semen dan cat sekarang ini adalah tren. Anda bisa saja membiarkan area dinding tersebut hanya dibangun oleh batu-bata. Namun, proses bangun rumah untuk area ini tentunya tetap harus dirapikan agar tidak ada partikel yang mengganggu.

Bukan hanya berkenaan dengan berbagai struktur bangunan rumah, pertimbangan lain di luar itu juga turut membantu efektivitas biaya yang dikeluarkan. Misalkan saja dari awal Anda sudah merencanakan semua hal, baik yang terduga maupun dana untuk kepentingan tidak terduga.

Pertimbangan di Luar Kontruksi Rumah

Jasa-Kontraktor
Sumber:  https://www.pexels.com/

Dalam proses bangun rumah, perencanaan dan persiapan dana adalah hal utama. Terlebih adanya dana tidak terduga ini menjadi amat penting karena pekerjaan di lapangan bisa saja tidak terjadi sesuai rencana. Gangguannya bisa karena human error atau karena faktor alam, seperti cuaca ekstrem.

Pembangunan secara bertahap bisa menjadi efektivitas selanjutnya yang membuat Anda mendapatkan rumah idaman. Jika memang tidak terburu-buru untuk menempati rumah baru, Anda bisa santai mengerjakan bagian demi bagian sambil mengevaluasi apakah ada yang kurang atau tidak.

Hal paling penting adalah Anda sudah memastikan bahwa pengerjaan pembangunan rumah dipercayakan pada ahlinya. Jika tidak menggunakan kontraktor yang jelas berlisensi dan bergaransi, setidaknya Anda kenal betul dengan tukang bangunan dan memiliki jaminan bahwa rumah akan selesai sesuai harapan.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sebuah hunian di masa sekarang tanpa harus terlibat KPR. Anda bisa mengaplikasikan trik-trik bangun rumah di atas agar keuangan tetap aman, hunian yang nyaman didapatkan.

Baca Juga: Bagian-Bagian Konstruksi Rumah dan Tips agar Hemat Biaya